Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berdayakan UMKM dan Konsumen, WWF Official Store Usung Produk Lokal Ramah Lingkungan

Berdayakan UMKM dan Konsumen, WWF Official Store Usung Produk Lokal Ramah Lingkungan Kredit Foto: Tri Nurdianti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Yayasan WWF Indonesia baru saja meresmikan peluncuran e-commerce yang mengusung konsep ramah lingkungan, yaitu shop.wwf.id sebagai WWF Official Store yang dikelola oleh PT Panda Lestari untuk menyediakan merchandise dari WWF Indonesia. Mengusung konsep ramah lingkungan, WWF Official Store menjadi salah satu solusi e-commerce berkelanjutan yang menyediakan produk lokal ramah lingkungan bagi masyarakat.

"Kita akan banyak menampilkan produk-produk yang tentu saja ramah lingkungan dan juga produk-produk yang mempunyai nilai ataupun story. Karena kalau kita lihat di sini banyak produk [ramah lingkungan] dan juga [produk hasil] upskilling yang berasal dari teman-teman yang menjadi dampingan WWF Indonesia selama ini," tutur Aditya Bayunanda selaku CEO Yayasan WWF Indonesia dalam acara peluncuran pada Senin (19/12/2022).

Aditya menjelaskan bahwa salah satu tujuan dari peluncuran WWF Official Store adalah menjadi outlet bagi masyarakat ataupun pelaku usaha yang telah menjadi dampingan dari WWF Indonesia. Mengusung tagar #ethicliving dan #ethicalchoice, setiap produk yang tersedia di WWF Official Store tersemat cerita menarik sebagai edukasi bagi konsumen untuk membuka wawasan serta diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat luas.

Baca Juga: Yayasan WWF Indonesia Resmi Luncurkan E-Commerce Ramah Lingkungan

Berbagai produk yang dijual pada shop.wwf.id antara lain adalah madu hutan yang berasal dari berbagai daerah terpencil di Indonesia, beras ungu dari Sumedang, kopi srikandi yang diproduksi oleh kelompok petani kopi perempuan dari Desa Ulubelu Lampung Selatan, serta minyak kayu putih asal Maluku dan Merauke.

"Dengan membeli produk di WWF Official Store, sebagian hasil penjualan akan diserahkan kepada Yayasan WWF Indonesia untuk mendukung program konservasi. Oleh karena itu, setiap rupiah yang dibelanjakan akan sangat membantu upaya pelestarian sumber daya alam yang dilakukan Yayasan WWF di Indonesia," ujar Rina Aryanti selaku Direktur PT Panda Lestari.

WWF Official Store turut menggandeng dan berkolaborasi dengan desainer Muchtar Lovi yang juga merupakan seorang pelaku UMKM. Ditampilkan di toko WWF, karya-karya Muchtar ini banyak memanfaatkan limbah industri garmen yang diolah menjadi produk layak guna. Tidak hanya itu, Muchtar juga turut memberdayakan ibu-ibu penjahit di area sekitar rumahnya untuk memproduksi berbagai produk dengan nilai tambah.

"Saya memiliki visi dan misi yang sejalan dengan WWF Indonesia. Komitmen saya adalah dapat menghasilkan karya seni atau produk layak guna dari sisa limbah garmen. Tujuannya untuk memanfaatkan limbah kain menjadi suatu produk yang layak untuk digunakan namun turut mengurangi sampah," pungkas Muchtar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: