Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Bijak Mengelola Keuangan untuk Karyawan, Persiapkan Dana Pensiun Yuk!

Cara Bijak Mengelola Keuangan untuk Karyawan, Persiapkan Dana Pensiun Yuk! Kredit Foto: Unsplash/Caroline Hernandez
Warta Ekonomi, Jakarta -

Masalah umum keuangan yang biasanya dihadapi karyawan yakni mereka tidak siap pensiun. Selain itu, masih ada dua hal lainnya lagi.

Perencana keuangan, Ligwina Hananto dari QM Financial mengungkap bahwa dua hal lainnya yaitu perihal utang dan selalu merasa gajinya tidak cukup.

1. Merasa Gaji Tidak Cukup

Ketika gajinya meningkat, kebanyakan karyawan pengeluarannya juga meningkat. Sayangnya, pengeluarannya yang meningkat justru di pos lifestyle karena ingin memberi hadiah kepada diri sendiri atas promosi atau jabatan barunya.

Baca Juga: Cara Memulai Kebiasaan Keuangan yang Baik, Thank Me Later!

Mereka terkadang lupa bahwa ketika pengeluaran kita meningkat, semuanya juga meningkat. Sama halnya seperti mengganti mobil baru, kebutuhan bensinnya juga ikut meningkat.

Alangkah lebih baiknya ketika gaji dan lifestyle nya meningkat, bagian untuk investasi juga ikut meningkat.

2. Utang

Financial intelligence itu berarti kita memahami aset atau barang apa saja yang bisa dihutangi dan mana yang tidak. Misalnya, rumah yang akan ditempati lama, cukup masuk akal ketika KPR nya sampai 10 tahun. Tetapi smartphone yang dipakai sebentar, tidak masuk akal ketika dicicil sampai enam tahun.

Jadi, pastikan kamu mengambil utang untuk menjadi aset, periode penggunaannya akan lebih lama dari periode cicilan, dan mampu membayar cicilan tersebut. Jangan sampai cicilan itu melebihi kemampuan kita.

3. Tidak siap pensiun

Kesadaran terhadap pensiun bagi para karyawan ini cukup rendah. Jangankan mempersiapkan, mereka bahkan tidak memikirkan. Solusi dari permasalahan ini adalah harus dari perusahaan itu sendiri dengan memberikan awareness melalui pelatihan.

Meski ada beberapa perusahaan yang menyiapkan dana pensiun karyawan, sayangnya dana pensiun dari kantor tidak akan cukup. Sehingga seharusnya karyawan itu sendiri yang mempersiapkan dana pensiun. Ini karena saat dia pensiun, bukan lagi tanggung jawab perusahaan.

Menyiapkan dana pensiun adalah proses panjang yang harus dipersiapkan semua orang. Perusahaan perlu menyiapkan fasilitasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: