Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

1,2 Juta Kendaraan Lintasi JTTS, Hutama Karya Tambah Gardu Tol

1,2 Juta Kendaraan Lintasi JTTS, Hutama Karya Tambah Gardu Tol Kredit Foto: Hutama Karya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebanyak 1,2 juta lebih kendaraan melintas di Jalan Tol Tranas Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni (Lampung)- Palembang (Sumatera Selatan) pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 sejak Minggu (18/12) hingga Selasa (27/12).

Selaku pengelola JTTS, PT Hutama Karya mencatat sebanyak 1,2 juta lebih kendaraan tersebut melintasi seluruh ruas JTTS. Selain itu sebanyak 500 ribu unit kendaraan melintas dari Jawa menuju Sumatera melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan sebagai pintu awal JTTS dalam ruas JTTS Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter).

Dengan banyaknya kendaraan yang melintas di JTTS dibanding periode normal, tentunya kenyamanan pengguna menjadi concern khusus Hutama Karya selama momen Nataru ini. 

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Dwi Aryono Bayuaji memastikan pelayanan yang optimal di ruas tol yang dikelola khususnya pada momentum Nataru ini.

Hutama Karya menyiapkan berbagai fasilitas dan strategi menghadapi lonjakan kendaraan di JTTS. Hutama Karya telah menyiagakan sebanyak total 2.528 petugas, 264 unit armada siaga,dan 21 rest area. 

“Kami Memastikan rest area dalam keadaan yang nyaman serta bersih bagi pengguna jalan,”tegasnya. Selain itu ia mengatakan ketersediaan Bahan Bakar Mentah (BBM) juga cukup. Hal tersebut didukung penambahan SPBU modular di beberapa titik yakni di Rest Area Rest Area KM 20 A, 49 B Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Rest Area KM 269 B, 272 A, 306 B Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang Kayu Agung dan Rest Area Temporary KM 45 B & 65 A Ruas Pekanbaru – Dumai.

Guna mengantisipasi lonjakan kendaraan yang ada di ruas tol ini, Hutama Karya telah berkoordinasi dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) terkait arus kendaraan yang berasal dari pelabuhan Bakauheni menuju GT Bakauheni Selatan agar tidak terjadi penumpukan.

Ada penambahan kapasitas gardu tol tambahan di GT yang memiliki potensi kepadatan tinggi seperti di GT Bakauheni Selatan dan GT Kotabaru yang semula lima jalur menjadi tujuh jalur dan di GT Kotabaru yang semula empat jalur menjadi enam jalur.

“Kami pun melakukan penambahan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol,” tambahnya.

Adapun ini ruas-ruas JTTS yang sudah dioperasikan oleh Hutama Karya antara lain Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Ruas Palembang – Indralaya, Ruas Pekanbaru – Dumai & Bangkinang, Ruas Medan – Binjai – Stabat, Ruas Bengkulu – Taba Penanjung dan Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi III & IV.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel: