Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tumbuh 120%, 1,27 Juta Kendaraan Lintasi Trans Sumatera Selama Nataru

Tumbuh 120%, 1,27 Juta Kendaraan Lintasi Trans Sumatera Selama Nataru Kredit Foto: Hutama Karya
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) mencatat 1,27 juta kendaraan melintas di seluruh ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di periode 18 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 atau momentum Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 .

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari sembilan ruas yang telah dioperasikan. Diantaranya Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) dan Palembang – Indralaya (Palindra).

Berikutnya ruas Bengkulu – Taba Penanjung, Pekanbaru – Dumai (Permai), Pekanbaru – Bangkinang, Medan – Binjai, Binjai – Stabat dan Sigli – Banda Aceh (Seksi 2, 3 & 4). Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa trafik tersebut mengalami pertumbuhan hingga 120 % jika dibandingkan momen Nataru tahun lalu.

“Persentase tersebut diluar dari trafik Tol Pekanbaru - Bangkinang dan Tol Bengkulu - Taba Penanjung yang baru beroperasi di tahun ini kami perkirakan peningkatan trafik ini dipengaruhi oleh kelonggaran kebijakan PPKM,” tutur Koentjoro.

Koentjoro menambahkan bahwa jalan tol yang memiliki pertumbuhan trafik paling tinggi selama momen Nataru ini yaitu Tol Sigli - Banda Aceh dengan kenaikan pertumbuhan hingga 281%.

“Sesuai prediksi, tol ini menjadi yang memiliki pertumbuhan paling tinggi dimana sebelumnya pada Nataru tahun lalu sebanyak 10 Ribu kendaraan, tahun ini bertambah menjadi hampir 30 Ribu kendaraan. Pertumbuhan tersebut diperkirakan dampak dari tersambungnya seksi baru di tahun ini yaitu seksi 2 (Seulimeum - Jantho),” tambah Koentjoro.

Adapun selama arus balik hingga 2 Januari 2023 juga tercatat cukup seimbang dengan banyaknya kendaraan arus mudik. “Untuk kendaraan yang melintas ke arah balik tercatat lebih dari 1.286.752 kendaraan. Dengan demikian berarti pemudik yang melakukan perjalanan balik cukup seimbang dan sesuai dengan berakhirnya libur Cuti Bersama Nataru 2022/2023.” terang Koentjoro.

Baca Juga: Satgas Pangan Polres Gianyar Pantau Harga Beras di Pasaran

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: