Pentingnya Penggunaan Teknologi dan Data untuk Pahami Kebutuhan Warga
Laporan EY menemukan 43% tenaga kerja pemerintahan yang terlibat dalam survei menilai fokus pada pengalaman pelanggan atau warga negara sebagai salah satu dari tiga faktor teratas yang mendorong kesuksesan transformasi digital.
Artinya, perlu adanya penggunaan teknologi dan data yang lebih baik agar pemerintah dapat memahami kebutuhan dan keadaan orang, serta keterampilan baru seperti penelitian dan desain pengalaman pengguna.
Benjamin Chiang, EY Asean Government & Public Sector Leader, mengatakan inisiatif tersebut penting untuk dikoordinasikan secara terpusat oleh pemerintah. Selain itu, inisiatif juga membutuhkan komitmen tingkat tinggi agar pemerintah dapat memberikan solusi yang berpusat pada warga negara.
Baca Juga: Empat Rekomendasi Kerangka Kerja agar Pemerintah Mampu Hadapi Tantangan Disrupsi Digital
"Jika tidak, kami akan terus melihat sejumlah besar aplikasi silo dari berbagai lembaga yang tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang membingungkan dan terfragmentasi bagi warga negara, tetapi juga menghasilkan duplikasi upaya dan alokasi anggaran yang tidak efisien untuk pemerintah," ujar Chiang, dalam keterangan tertulis, Jumat (6/1/2023).
Dia menambahkan merupakan suatu hal yang penting bagi pemerintah untuk bekerja dengan orientasi memberikan solusi yang berpusat pada masyarakat. Pemerintah juga perlu berfokus pada pengukuran indikator dan metrik kinerja utama yang tepat, sehingga tujuan antara pemangku kepentingan pemerintah selaras.
"Pengukuran tersebut juga akan menjadi dorongan untuk kolaborasi lintas-lembaga untuk memungkinkan pengalaman yang lancar bagi warga negara," jelas dia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait:
Advertisement