Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kencangkan Inovasi, Alibaba Cloud Siap Dukung Bisnis Kecil

Kencangkan Inovasi, Alibaba Cloud Siap Dukung Bisnis Kecil Kredit Foto: Tri Nurdianti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Head of International Industry Solutions and Architecture Alibaba Cloud Intelligence, Raymond Xiao dalam wawancara ekslusif di acara Alibaba Cloud Developer Summit 2023 menyampaikan terkait menyampaikan terkait dengan inovasi teknologi terbaru, di mana Alibaba Cloud saat ini tengah meluncurkan berbagai macam teknologi terbaru yang dapat memberikan manfaat baik untuk para pelajar, komunitas, maupun pelaku bisnis termasuk mulai dari skala kecil dan menengah.

Terkait dengan inovasi-inovasi baru yang diwujudkan, Raymond dalam acara pada Selasa (10/1/2023) menjelaskan, "[inovasi produk] yang pertama adalah terkait dengan teknologi cloud-native. Berdasarkan laporan dari Gartner, ke depannya akan ada semakin banyak perusahaan mengadopsi cloud-native technologies dengan sederhananya didasari pada alasan untuk cost reduction, efisiensi, dan lainnya."

Laporan Gartner yang disebutkan merujuk pada data di mana 85% organisasi akan menganut prinsip cloud-first pada tahun 2025 dan tidak akan dapat menjalankan strategi digital tanpa menggunakan arsitektur dan teknologi cloud-native. Mendasari pada potensi ini, Alibaba Cloud mengembangkan teknologi native-cloud yang akan menjadi solusi bagi aplikasi cloud-native yang kompleks.

Baca Juga: Tingkatkan Sumber Daya, Alibaba Cloud Luncurkan Komunitas Developer Apsara Skala Global

Dengan menyediakan cloud-native yang fleksibel, realistis, aman, dan mudah digunakan untuk pengembangan dan penerapan aplikasi, Raymond menerangkan bahwa Alibaba Cloud akan terus memperluas portofolionya dalam hal ini yang akan memungkinkan developer dan pelaku bisnis untuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan dengan kemampuan manajemen yang bersatu atau terintegrasi. Menekankan pada beauty of technology, Alibaba akan terus meluncurkan teknologi yang lebih mudah dipahami dan menyeluruh.

Inovasi kedua, dengan mendasarkan pada potensi dan manfaat serta efisiensi yang dapat diperoleh oleh developer dan pelaku bisnis dari infrastruktur teknologi, Raymond menerangkan bahwa Alibaba Cloud kini menyedia solusi baru untuk memfasilitasi pengembangan SuperApps. Data dari Gartner, 50% dari populasi global akan menjadi pengguna aktif harian dari multiple superapps pada tahun 2027. Untuk itu, permasalahan terkait dengan pembangunan dan pengembangan superapps yang efektif dan efisien pun akan menjadi masalah baru.

Dengan memanfaatkan Enterprise Mobile Application Studio (EMAS) Alibaba Cloud meluncurkan solusi yang memungkinkan developer membangun superapps secara cepat dengan kemampuan platform yang kaya dalam waktu yang cepat. Raymond menekankan, solusi Alibaba Cloud berasal dari praktik terbaik superapp e-commerce Alibaba Taobao dan Tmall, sebuah solusi komprehensif untuk menyediakan ekosistem yang kaya bagi pengembang, termasuk komponen dalam infrastrutur aplikais dan fitur bisnis, sebuah wadah untuk menjalan aplikasi mini serta layanan untuk DevOps dan oeperasi.

Baca Juga: Wamenkumham Menolak Dikaitkan dengan YAR dan YAM, IPW Tunjukkan Bukti Chat Pamungkas: Ada Permintaan untuk Dimasukkan Sebagaiā€¦

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: