Logo adalah kombinasi teks dan citra visual yang melayani dua tujuan. Logo memberi tahu orang-orang nama perusahaan dan menciptakan simbol visual yang mewakili bisnis Anda.
Beberapa logo memiliki asosiasi simbolik yang kuat yang terhubung dengan ingatan orang. Misalnya, lengkungan emas McDonalds sangat familiar sehingga tidak perlu lagi teks "McDonalds" agar Anda mengenali bahwa simbol tersebut mewakili McDonalds.
Memiliki logo yang tampak profesional dan dirancang dengan baik dapat membangun kepercayaan. Pelanggan potensial lebih cenderung berbisnis dengan Anda jika Anda memiliki logo yang dirancang dengan baik.
Baca Juga: Apa Itu Potential Product?
Jika logo Anda terlihat seperti dirancang di Microsoft Word, orang akan mempertanyakan seberapa baik Anda dapat memberikan produk/layanan bisnis inti Anda. Sementara banyak bisnis kecil mengira merek mereka akan menjadi Coca Cola atau McDonalds berikutnya, pada kenyataannya ketika Anda memulai dengan logo Anda, salah satu karakteristik yang paling penting adalah bahwa teks nama perusahaan Anda jelas dan mudah dibaca dari kejauhan, seperti yang mungkin muncul di papan nama kendaraan, papan nama bangunan, poster atau tempat lain di mana logo terlihat dari kejauhan.
Logo Anda mungkin muncul di layar, kartu nama, kop surat, spanduk pull up, kendaraan, papan nama toko, kemasan produk, iklan surat kabar hanya untuk beberapa nama.
Logo yang memiliki warna gradasi, banyak detail halus, banyak warna berbeda, atau konten fotografi cenderung terlihat sangat berbeda dalam situasi yang berbeda ini karena banyak di antaranya menggunakan teknologi pencetakan yang sama sekali berbeda dan menyulitkan untuk mencocokkan warna dengan tepat. . Inilah sebabnya mengapa merek paling kuat di dunia biasanya menggunakan palet sederhana yang terdiri dari kurang dari 3 warna utama. Mereka juga menggunakan warna solid daripada gradien.
Memiliki sesuatu yang berkesan tentang logo Anda adalah ide yang bagus. Beberapa bisnis melakukan ini dengan menggunakan teks yang menarik atau memodifikasi sebagian teks di logo agar tidak hanya menjadi font standar. Bisnis lain melakukan ini dengan menambahkan semacam ikon bergambar di samping bagian teks logo.
Salah satu aspek berguna dari memiliki ikon adalah Anda juga dapat menggunakan ikon itu sendiri dalam beberapa situasi. Misalnya, centang Nike dapat muncul dengan atau tanpa teks Nike. Meskipun awalnya centang Nike tidak akan berarti apa-apa jika tidak muncul di samping teks Nike, seiring waktu asosiasi memori visual itu berkembang. Jika Anda menginginkan logo yang sangat ramping dan minimalis, hanya menggunakan font yang tampak modern dengan warna aksen sembulan adalah pilihan yang baik.
Cara terbaik untuk mendapatkan logo adalah dengan mendesainnya secara profesional. Meskipun ada layanan desain logo online murah, dari pengalaman kami, nilai dan layanan terbaik adalah dari toko desain grafis atau percetakan lokal kecil. Dengan mencari desainer grafis lepas kecil atau toko cetak dengan desainer internal, Anda akan menghindari membayar ribuan yang mungkin Anda bayarkan dengan biro iklan atau firma desain besar tetapi tetap mendapatkan logo berkualitas dengan layanan pribadi.
Logo Anda seringkali merupakan hal pertama dan paling menonjol yang diperhatikan oleh audiens Anda.
Ini dikenal sebagai identitas merek Anda, dan mengacu pada tampilan visual spesifik yang akan dikembangkan merek Anda. Logo berbeda yang Anda buat dapat berfungsi sebagai titik awal untuk membangun, dan harus selaras dengan keseluruhan visi.
Pikirkan logo Anda seperti potongan teka-teki, komponen intrinsik dari strategi ini yang dapat mengomunikasikan pesan merek Anda di seluruh saluran pemasaran. Untuk memberi Anda gambaran, logo Anda dapat digunakan di situs web Anda, platform media sosial Anda, kartu nama, pengemasan, lokasi fisik, dan banyak lagi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement