Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bill Gates: Orang yang Lahir 20 Tahun Lagi Punya Nasib yang Lebih Beruntung dari Orang Zaman Dulu

Bill Gates: Orang yang Lahir 20 Tahun Lagi Punya Nasib yang Lebih Beruntung dari Orang Zaman Dulu Kredit Foto: Twitter/Bill Gates
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder filantropi Bill Gates menghabiskan banyak waktunya membunyikan alarm atas ancaman global, seperti perubahan iklim dan pandemi di masa depan.

Namun salah satu pendiri Microsoft itu mengatakan dia masih sangat optimis tentang masa depan umat manusia di Bumi. Bahkan dengan tantangan yang dihadapi generasi sekarang dan masa depan, Gates mengatakan siapa pun yang lahir dalam beberapa dekade mendatang akan lebih baik daripada orang yang lahir pada titik sejarah sebelumnya.

"Saya masih sangat optimis bahwa akan jauh lebih baik untuk dilahirkan 20 tahun dari sekarang, 40 tahun dari sekarang, 60 tahun dari sekarang daripada di masa lalu," kata Gates, mengutip CNBC Make It di Jakarta, Rabu (25/1/23).

Baca Juga: Bill Gates Rela Rogoh Rp179 M untuk Hentikan Sendawa Sapi

Dunia penuh dengan tren yang mengecewakan, kata Gates, seperti tanggapan global yang tidak memadai terhadap pandemi Covid-19, kegagalan pemerintah untuk memenuhi tujuan yang dinyatakan untuk mengatasi perubahan iklim, dan meningkatnya polarisasi politik di AS.

"Sangat mudah untuk mendapatkan pandangan yang lebih negatif dari beberapa tren ini daripada yang benar-benar adil, dalam pandangan saya," ujarnya.

Gates menunjuk pada kemajuan dalam kesehatan masyarakat, ia mencatat bahwa angka kematian global untuk anak di bawah usia lima tahun telah berkurang setengahnya selama dua dekade terakhir.

“Jumlah inovasi yang [untuk] perbaikan kondisi manusia secara keseluruhan masih akan sangat dramatis. Kami akan menyembuhkan obesitas, kami akan menyembuhkan kanker, kami akan memberantas polio,” kata Gates.

Gates juga memuji potensi teknologi energi ramah lingkungan yang murah dan efektif dalam beberapa tahun terakhir, dan kemajuan teknologi yang memungkinkan tenaga pendidikan dan kesehatan memiliki jangkauan yang lebih luas ke seluruh dunia.

"Jumlah IQ di dunia yang dididik, kualitas alat yang kita miliki untuk mendorong inovasi kita, apakah itu di bidang kesehatan atau energi atau pendidikan, itu adalah hal yang luar biasa," kata Gates.

Melihat lebih jauh ke belakang ke dalam sejarah, jelas bahwa segala sesuatunya terus menjadi lebih baik.

"Perkecil dan katakan 'Oke, di mana kita 300 tahun yang lalu?'" tanya Gates.

Ia mencatat bahwa umur rata-rata manusia telah meningkat pesat selama tiga abad terakhir. Pada tahun 1700, rata-rata orang meninggal sebelum mencapai usia 40 tahun. Harapan hidup saat ini di AS adalah 76,1 tahun.

"Tidak masalah apakah Anda seorang raja atau orang miskin, Anda akan mengalami kematian bayi yang sangat besar dan tingkat melek huruf yang sangat rendah," kata Gates. "Jadi, ruang lingkup inovasi manusia dari waktu ke waktu ... adalah cerita yang fenomenal."

Namun, inovasi tidak dijamin memiliki hasil yang positif, kata Gates: Evolusi teknologi dan ilmiah dapat menghasilkan kemajuan yang berbahaya, seperti senjata nuklir atau bioterorisme.

“Modernitas juga memiliki beberapa risiko,” katanya. "Tapi, secara keseluruhan, saya sangat optimis."

Baca Juga: Rumah Pendukung Anies Dilempari Sekarung Kobra, Pengamat: Menegaskan Siapa yang Main Kasar dan Tak Beradab

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua