Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Samsung SmartThings x Multi Brand: Menciptakan WOW Customer Experience dengan Kolaborasi Ekosistem Digital

Samsung SmartThings x Multi Brand: Menciptakan WOW Customer Experience dengan Kolaborasi Ekosistem Digital Kredit Foto: Reuters/Yves Herman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perkembangan teknologi yang makin massif, terutama perluasan akses internet, menyebabkan perubahan lanskap dunia bisnis. Salah satunya adalah pendekatan individual berubah menjadi sosial.

Artinya, bila hendak meningkatkan produktivitas lebih jauh lagi, perusahaan didorong untuk menerapkan strategi kemitraan. Tentunya dengan harapan mencapai hasil akhir yang lebih efektif dengan menggunakan sumber daya secara lebih efisien.

Baca Juga: Microsoft X OpenAI: Senjata Pamungkas Kolaborasi Digital yang Mendisrupsi Para 'Status Quo' Pebisnis Teknologi

Dalam hal ini, perusahaan dapat menjalin kemitraan hampir di semua bidang dan rasanya hal ini makin umum dilakukan di berbagai industri. Sebagai contoh saja di industri elektronik seperti Samsung yang saat ini sedang gencar berkolaborasi untuk mengembangkan kelengkapan ekosistem Internet of Things (IoT) melalui penerapan konsep Smart Home.

Upaya ini dilakukan oleh Samsung untuk menjaga posisinya sebagai pemimpin pasar produk elektronik global sekaligus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini dan di masa depan, mengingat penetrasi penggunaan teknologi digital khususnya IoT akan makin widening dan deepening.

Dengan begitu, tak heran jika Samsung memanfaatkan peluang besar ini untuk membuat, menata ulang, sekaligus melengkapi layanan SmartThings-nya dengan memperluas kemitraannya yang terhubung di berbagai perangkat elektronik.

Samsung SmartThings ini merupakan platform yang mengintegrasikan smartphone pengguna dengan berbagai perangkat yang berbasis IoT yang dimiliki, mulai dari televisi, audio, IP camera, kulkas, AC, mesin cuci, hingga perangkat digital lainnya.

Create WOW Consumer Experience with Seamless Digital Collaboration

Pengintegrasian Samsung SmartThings dengan berbagai perangkat elektronik ini jika diulik lebih dalam lagi menggunakan pendekatan Digital Collaborative Marketing Framework yang dikembangkan dalam buku yang akan saya rilis, masuk ke dalam kategori synergize digital capability.

Sebab, kolaborasi Samsung SmartThings dengan berbagai brand maupun developer adalah untuk menyatukan kapabilitas dan kemudian menyinergikannya sehingga tercipta kapabilitas gabungan yang lebih powerful dibandingkan jika dijalankan secara sendiri-sendiri.

Atau gampangnya 1+1 bukannya 2, melainkan 3 bahkan 5 atau lebih.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat, BRI Pasarkan SBN Ritel Pertama 2023 di CFD

Penulis: E. Kurniawan, ST, MM, MKom, VP Marketing Management PT Telkom Indonesia

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: