Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

GoTo Gandeng Siberkreasi dalam Proyek Peningkatan Literasi Digital UMKM

GoTo Gandeng Siberkreasi dalam Proyek Peningkatan Literasi Digital UMKM Kredit Foto: Tri Nurdianti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam upaya untuk mewujudkan tranformasi digital dan meningkatkan literasi digital pelaku usaha yang go-digital serta meneguhkan komitmennya untuk menjalankan kegiatan informatif seputar Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) bagi unit UMKM, PT GoTo Gojek Tokopedia (Grup GoTo) menggandeng Siberkreasi dalam kerja sama strategis yang diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Senin, 6 Februari 2023 di Jakarta.

MoU ditandatangani oleh Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi Donny Budi Utoyo sebagai perwakilan dari Siberkreasi dan SVP Group Head of Data Protection and Privacy Office GoTo Leny Suwardi sebagai perwakilan dari Group GoTo dan disaksikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan serta Chief of Public Policy and Goverment Relations Gojek Shinto Nugroho.

"Harapannya bersama kolaborasi dengan Kominfo dan ekosistem GoTo kita bisa turut ke lapangan benar-benar menyisir ke lokasi-lokasi prioritas UMKM [...] Misalnya ayo kita belajar tentang privasi, tentang keamanan digital, ekosistemnya kita bangun. Ini yang ingin sekali Siberkreasi [lakukan] dan bergerak bersama untuk membangun pemahaman literasi," tutur Donny dalam acara konferensi pers pada Peringatan World Data Privacy Day 2023 bersama GoTo pada Senin (6/2/2023).

Baca Juga: Jangan Lesu, Ekonom Kasih Hitung-hitungan Baik: UMKM Produksi dan Jasa Picu Multiplier Effect

Melalui kerja sama strategis tersebut, disebutkan bahwa Siberkreasi dan Grup GoTo akan berkolaborasi dalam pembuatan kurikulum program terkait literasi digital, diseminasi informasi mengenai literasi digital dan sosialisasi UU PDP kepada para mitra di ekosistem GoTo dan juga UMKM secara umum di Indonesia.

Donny mengatakan bahwa target dari sosialiasi pada tahun ini akan dilaksanakan secara on site sehingga dapat memberikan panduan dengan lebih jelas dan nyata. Hal ini turut disampaikan oleh Leny Suwardi selaku SVP Group Head of Data Protection and Privacy Office GoTo bahwa nantinya sosialisasi akan dilaksanakan secara langsung di lapangan termasuk ke wilayah-wilayah di berbagai kota di Indonesia.

"Siberkreasi dan GoTo kita akan kerja erat untuk melakukan upaya sosialiasi dan juga edukasi kepada teman-teman dari UMKM. Jadi saya rasa ada dua hal, yang pertama dari sisi materi, materinya perlu kita sesuaikan, kita bangun kurikulumnya yang memang sesuai dengan apa yang kita lihat di lapangan," ujar Leny dalam acara yang sama. 

Tidak hanya telah memberikan komitmennya menyediakan materi informasi secara online, pendekatan yang dilakukan untuk penetrasi informasi juga akan dilakukan melalui jaringan komunitas baik dari ekosistem GoTo maupun Siberkreasi dan komunitas eksternal sehingga dapat menjadi lebih efektif dan relevan dengan kondisi yang ada.

"Saya rasa juga kita nanti kita mesti sama-sama melihat bagaimana caranya kita melakukan diseminasi atas informasi, materi yang kita bangun bersama-sama melalui beberapa channel komunitas [...] supaya kita semua itu sama-sama upskilling bareng dalam sisi pemahaman, dari sisi edukasinya juga, dari sisi awareness-nya juga," terang Leny.

Sebelumnya, GoTo dan Siberkreasi telah melakukan kerjasama strategis pada November 2020 untuk literasi digital bagi UMKM melalui kampanye #JAGA bagi mitra Gojek dan GoTo Financial. Kerja sama tersebut telah menjangkau lebih dari 300.000 ribu anggota masyarakat dan mendorong pengurangan Account Take Over (ATO) sebanyak 96% pada periode Januari 2020 sampai April 2021.

Berdasarkan data internal Gojek pada tahun 2021, mencatat bahwa sebanyak 95% mitra usaha telah mengetahui dan mengerti penerapan tips #JAGA untuk menjaga keamanan digital dan mendorong 94% mitra lebih percaya diri untuk menjalankan usaha bersama ekosistem Gojek. Melalui kampanye JAGA, GoTo Financial juga berhasil mengurangi 82,73% jumlah kasus penipuan terhadap mitra usaha GoTo pada periode Januari sampai Desember 2022. Pada Oktober 2022, kolaborasi juga telah terjalin antara Kemenkominfo, Siberkreasi, dan Tokopedia melalui peluncuran Pelatihan UMKM Digital Cermerlang Melaju Bersama Kemenkominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: