Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Layanan Makin Efisien dan Cepat, Digitalisasi Pos Indonesia Sudah Tepat: Mereka On The Right Track!

Layanan Makin Efisien dan Cepat, Digitalisasi Pos Indonesia Sudah Tepat: Mereka On The Right Track! Kredit Foto: Pos Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di ulang tahun Pos Indonesia ke 276 tahun, pada 26 Agustus 2022 lalu, BUMN tertua di Indonesia ini menancapkan ikrar untuk bertransformasi. "Tema 'Pos Indonesia untuk 276 Tahun ke Depan' secara filosofis bermakna bahwa perusahaan tak ingin terus bernostalgia dengan menengok ke masa lalu.

Hampir tiga abad melayani seluruh kebutuhan perposan di tanah air, Pos Indonesia telah mengalami banyak perubahan zaman. Bahkan, sempat terdisrupsi kemajuan teknologi digital.

Baca Juga: Dilepas Zulkifli Hasan, Pos Indonesia Sukses Bawa UMKM Indonesia Tembus Pasar Timur Tengah

"Berulang kali disrupsi menerpa perusahaan kita. Mulai dari munculnya teknologi telepon dan pesan singkat, kemudian internet, hingga ke platform digital yang berteknologi canggih seperti aplikasi transportasi publik, logistik, hingga layanan finansial. Seluruhnya mengubah peta persaingan bisnis yang berdampak pada kondisi perusahaan menjadi lebih sulit. Namun bukan berarti Pos Indonesia menyerah,” kata Direktur Utama PT Pos Indonesia (persero), Faizal Rochmad Djoemadi ketika itu.

PT Pos Indonesia (Persero) telah memulai transformasi digital. Di mata publik Pos Indonesia masih lekat dengan kesan konvensional. Namun anggapan tersebut mulai terkikis seiring laju digitalisasi di berbagai lini kerja Pos Indonesia.

Jadilah dalam bahtera besarnya, PT Pos Indonesia (Persero) bertransformasi. Kata kunci berlabel transformasi digital menjadi roda pendorong bisnis perseroan di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan perkembangan zaman.

PT Pos Indonesia (Persero)menerapkan tujuh transformasi untuk menghadapi tahun-tahun mendatang yang penuh tantangan. Tujuh transformasi itu yakni Business Transformation, Product and Channel Transformation, Transformation Process, Technology Transformation, Human Resourch Transformation, Organization Transformation, dan Culture Transformation.

Richardus Eko Indrajit selaku Rektor Universitas Pradita sekaligus guru besar IT menilai transformasi digital yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia sudah berada di jalur yang tepat.

Baca Juga: Pinjaman Lunas atau Utang Diikhlaskan, Beda Pengakuan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

“Saya lihat PT Pos sudah berada di jalan yang benar, on the right track. Tinggal masalahnya adalah kecepatan dan agilitas (kelincahan), keduanya berjalan bersama karena perubahan cepat sekali. Kecepatan dan agilitas ini juga masalah pola pikir. Kalau merasa kurang cepat, kita bermitra dengan yang cepat. PT Pos saya bilang sudah berada di jalur yang benar karena banyak bermitra untuk meningkatkan agilitas atau kelincahan,” kata sang profesor.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: