Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Job Description?

Apa Itu Job Description? Kredit Foto: Unsplash/Ofspace Digital Agency
Warta Ekonomi, Jakarta -

Job description adalah narasi tertulis yang menggambarkan tugas umum, atau tugas terkait lainnya, serta tanggung jawab suatu pekerjaan.

Ini dapat menentukan spesifikasi seperti kualifikasi atau keterampilan yang dibutuhkan oleh orang dalam pekerjaan itu, informasi tentang perlengkapan, perkakas dan alat bantu kerja yang digunakan, kondisi kerja, tuntutan fisik, dan kisaran gaji.

Deskripsi pekerjaan biasanya naratif, namun beberapa mungkin terdiri dari daftar kompetensi sederhana; misalnya, metodologi perencanaan sumber daya manusia yang strategis dapat digunakan untuk mengembangkan arsitektur kompetensi untuk suatu organisasi, dari mana deskripsi pekerjaan dibangun sebagai daftar pendek kompetensi.

Baca Juga: Apa Itu Childfree?

Job description biasanya dikembangkan dengan melakukan analisis pekerjaan, yang mencakup memeriksa tugas dan urutan tugas yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu. Analisis mempertimbangkan bidang pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan. Job description dapat mencakup hubungan dengan orang lain dalam organisasi: tingkat penyelia, persyaratan manajerial, dan hubungan dengan rekan kerja lainnya.

Job description mencakup ikhtisar, ringkasan peran, tanggung jawab, dan kualifikasi serta pengalaman yang diperlukan untuk peran tertentu. Ini juga mendefinisikan soft skill dan keterampilan bisnis yang diperlukan untuk sukses dalam peran tersebut.

Uraian pekerjaan harus disesuaikan dan ditinjau dengan para pemangku kepentingan, seperti manajemen senior, untuk mendapatkan konsensus tentang persyaratan posisi tertentu untuk mendukung persyaratan kerja, perilaku, dan bisnis perusahaan.

Job description adalah landasan dari proses perekrutan. Mereka membantu menarik talenta terbaik, menetapkan ekspektasi untuk kandidat yang memenuhi syarat, menginformasikan prospek tentang peran dan perusahaan, dan merampingkan proses pencarian.

Plus, job description yang ditulis dengan baik memberi perusahaan kesempatan untuk membuat kesan pertama yang bagus. Jadi meskipun menulis deskripsi pekerjaan yang akurat dan menarik bisa membuat frustasi, mencari waktu dan sumber daya untuk melakukannya sangatlah berharga.

Pada bagian HR, job description disebutkan dalam perencanaan dan pelaksanaan pelatihan. Dengan melihat deskripsi pekerjaan, profesional HR mengidentifikasi keterampilan utama yang dibutuhkan karyawan, dan kemudian mereka membahas topik spesifik tersebut dalam sesi pelatihan. Kebutuhan pelatihan mungkin berlaku untuk peran tertentu, departemen tertentu, atau seluruh perusahaan. Deskripsi pekerjaan membantu SDM menentukan siapa yang membutuhkan setiap jenis pelatihan.

Detail dalam deskripsi pekerjaan dapat menjadi poin pemeriksaan pada evaluasi karyawan. Supervisor menggunakan tugas dan tanggung jawab sebagai panduan untuk menentukan seberapa baik kinerja karyawan. Demikian pula, deskripsi pekerjaan dapat berguna saat karyawan dan penyelia mereka membuat tujuan atau rencana pengembangan.

Definisi deskripsi pekerjaan adalah standar, tetapi tampilan deskripsi pekerjaan dapat sangat bervariasi. Banyak elemen yang sama, apakah Anda menggambarkan posisi juru masak tanpa pengalaman yang diperlukan atau posisi ahli bedah otak yang membutuhkan pendidikan dan pengalaman bertahun-tahun.

Deskripsi pekerjaan adalah hal terpenting yang didapat kandidat tentang daftar pekerjaan. Ini memberikan semua detail yang relevan dan perlu tentang suatu pekerjaan. Detail yang dapat membantu seseorang memutuskan apakah pekerjaan itu relevan atau tidak.

Kualifikasi, peran, tanggung jawab dll termasuk dalam dokumen deskripsi pekerjaan yang melukiskan gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan dari peran tertentu. Ini memberi kesempatan bagi kandidat untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk wawancara kerja. Ini juga membantu perusahaan mengidentifikasi semua keterampilan yang dibutuhkan oleh kandidat yang tepat.

Judul pekerjaan yang ditargetkan akan lebih efektif daripada yang generik. Faktanya, survei Indeed tahun 2020 menemukan bahwa 36% pencari kerja yang menggunakan situs lowongan mencari pekerjaan menggunakan judul pekerjaan yang mereka cari.

Kemudian, tetap berpegang pada tingkat pengalaman standar seperti "Senior" daripada "VI" atau istilah lain yang cenderung dicari orang. Bahasa deskripsi pekerjaan Anda harus seinklusif mungkin. Pertimbangkan untuk meninjau deskripsi pekerjaan yang sudah selesai dan merevisi kata-kata yang mungkin dikecualikan untuk kelompok orang mana pun yang mungkin mempertimbangkan kesempatan ini.

Deskripsi pekerjaan adalah pengantar perusahaan Anda. Sertakan detail tentang budaya perusahaan Anda untuk meringkas mengapa seorang kandidat ingin bekerja untuk Anda. Survei Indeed menemukan bahwa 72% pencari kerja mengatakan melihat detail tentang budaya perusahaan dalam deskripsi pekerjaan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: