Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Purworejo Expo 2023 Jadi Ajang Tingkatkan Branding UMKM Daerah

Purworejo Expo 2023 Jadi Ajang Tingkatkan Branding UMKM Daerah Kredit Foto: KemenKopUKM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Purworejo Expo 2023 karena menjadi salah satu media strategis untuk mengangkat potensi lokal dan produk-produk unggulan UMKM di Purworejo, Jawa Tengah. Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM), Siti Azizah, berharap melalui acara tersebut, produk UMKM setempat bisa semakin dikenal masyarakat lebih luas. Dengan begitu, pangsa pasar mereka juga semakin besar.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kabupaten Purworejo dalam rangka hari jadi yang ke-192. Karena ini tentunya membantu pemulihan bagi pelaku UMKM dan pada akhirnya dapat menggairahkan ekonomi," kata Siti Azizah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: KemenKopUKM Perluas Akses Pendanaan UKM Lewat Penerbitan Surat Berharga Securities Crowdfunding

Menurutnya, pelaksanaan pameran produk UMKM di berbagai daerah kini mulai dibangkitkan kembali setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19. Berbagai agenda, seperti Purworejo Expo 2023 ini juga diharapkan akan menjadi momentum pemulihan bagi perekonomian khususnya sektor UMKM.

"Expo ini sekaligus bisa dimanfaatkan untuk menjalin kemitraan, baik antara pelaku UMKM dengan pengunjung atau antarpelaku UMKM," katanya.

Dia mengatakan, UMKM memiliki posisi dan peran yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia. Saat ini jumlah UMKM mencapai lebih dari 64 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61 persen dan menyerap tenaga kerja sebesar 97 persen.

Baca Juga: Kemenkop-UKM: ASPI 2022-2024, Fondasi Reformasi Kebijakan UMKM di Indonesia

Oleh sebab itu, pemberdayaan dan pendampingan terhadap UMKM menjadi sangat vital. Sebab, salah satu sektor yang paling mampu bertahan di tengah krisis ekonomi adalah UMKM. Oleh karena itu, pemerintah menekankan perlunya memperkuat sinergi agar UMKM nasional berdaya saing tinggi.

"Berdasarkan pengalaman pandemi yang terjadi kemarin, UMKM berhasil menopang perekonomian kita supaya tetap stabil, buktinya kita masih positif sampai saat ini," kata Siti Azizah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: