Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sejarah Uniqlo, Berawal dari Nama Typo dan Perkembangannya

Sejarah Uniqlo, Berawal dari Nama Typo dan Perkembangannya Kredit Foto: Unsplash/Fourfour
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kalian pasti sudah tidak asing dengan nama Uniqlo, brand pakaian asal Jepang yang sekarang sudah mendunia ternyata memiliki sejarah Uniqlo yang unik. Brand pakaian ini dikenal dengan pakaian casual, trend, dan stylish.

Tentu saja brand ini tidak akan asing terutama bagi kalian yang suka dengan fashion, terutama bagi Anda yang suka dengan gaya pakaian kasual Uniqlo menjadi salah satu brand yang memiliki koleksi baju casual yang banyak.

Ingin tahu sejarah dan rahasia bisnis Uniqlo yang mampu membuatnya sukses di Indonesia berikut ini penjelasannya.

Sejarah Uniqlo Berawal dari Nama yang Typo

Tahukah kalian jika nama Uniqlo sebenarnya berawal dari kesalahan ketik oleh karyawan saat pendaftaran nama brand. Uniqlo awalnya didirikan sebagai toko pakaian pria Bernama Ogori shoji oleh Hitoshi Yanai Direktur Utama dari Fast Retailing Tadashi Yanai pada tahun 1949.

Sejarah Uniqlo setelah itu pada tahun 1984, Tadashi Yanai mengambil alih kepemimpinan pada perusahaan itu dan membuka toko baju casual yang awalnya hanya untuk pria menjadi unisex pertamanya dengan menggunakan nama Unique Clothing Warehouse.

Pada tahun 1988, Unique Clothing Warehouse direncanakan untuk didaftarkan sebagai nama brand resmi milik perusahaan Ogori Shoji yang dijalankan di bawah kepemimpinan Tadashi Yanai.

Namun, nama Unique Clothing Warehouse karena dianggap terlalu panjang akan diubah menjadi Uni-Clo agar agar mudah disebutkan dan mudah diingat. Tetapi sayangnya karyawan yang ditugaskan untuk mendaftarkan salah menulisnya menjadi Uni-Qlo.

Sejarah Uniqlo terus berkembang pada tahun 1991 Tadashi Yanai yang masih bertugas sebagai pemimpin perusahaan memutuskan untuk mengganti nama toko bajunya menjadi Uniqlo beserta nama perusahaan Ogori Shoji diganti menjadi fast retailing dan mendaftarkannya pada bursa saham pada tahun 1994.

Uniqlo mulai berkembang dan dikenal saat berhasil menarik perhatian setelah sweater berbahan sintetis fleece diobrak dengan harga 1900 yen dan laku terjual sampai 2 juta helai. Larisnya produk berbahan fleece terus berlanjut sampai ketahun berikutnya.

Setelah itu, Uniqlo In finance terus berkembang membuka cabang dimana-mana hingga akhirnya tersebar di berbagai negara termasuk juga di Indonesia.

Perkembangan Bisnis Sejarah Brand Uniqlo di Indonesia

Brand asal Jepang ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2013, terletak di Lotte Shopping Avenue Store. Ritel pertamanya di Indonesia dibuat sebagai megastore dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Produk-produk yang disediakan juga cenderung sangat lengkap menyasar semua kalangan dari mulai anak-anak, laki-laki, perempuan, sampai dengan pakaian bayi. Sejarah Uniqlo berkembang di Indonesia memiliki awal yang manis.

Karena pada saat itu, ritel Uniqlo langsung diterima oleh masyarakat Indonesia. Sukses membuka toko pertamanya di Indonesia pada tahun-tahun berikutnya mereka terus mengembangkan bisnis dan membuka toko-toko di tempat lainnya.

Pada tahun 2014, sudah membuka total 6 gerai termasuk di Grand Indonesia dan Uniqlo mulai berencana melebarkan sayapnya dan membuka gerai di luar Jakarta untuk pertama kalinya. Tahun 2015, Uniqlo membuka dua gerai lainnya di Mall Gandaria City dan juga di Tangerang.

Kota Tangerang menjadi kota pertama yang Uniqlo pilih setelah berencana untuk melebarkan sayap menyasar pasar di luar kota Jakarta. Perkembangan brand asal Jepang ini terus berlanjut sampai saat ini sudah lebih dari 50 toko yang dibuka di kota-kota besar Indonesia.

Pada tahun 2023, Uniqlo bahkan sudah mengumumkan akan menambah 8 toko baru lagi yang akan tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bali, Solo, dan beberapa daerah di Indonesia lainnya.

Rahasia Kesuksesan Uniqlo di Indonesia

Kesuksesan dari brand fashion asal Jepang ini tentu membuat penasaran banyak orang. Berawal dari bisnis ritel fashion kecil di Jepang hingga sampai saat ini bisa tersebar ke seluruh dunia dan jadi salah satu brand fashion yang cukup diperhitungkan saat ini In finance.

Sebenarnya rahasia di balik kesuksesan sejarah Uniqlo tidak hanya berhasil dalam membangun branding yang baik saja tetapi juga banyak terlibat dalam kegiatan sosial juga. Agar lebih tahu tentang rahasia sukses Uniqlo di Indonesia berikut adalah penjelasannya.

1.Diferensiasi dari Brand Fashion Lainnya

Dalam berbisnis unsur diferensiasi atau perbedaan antara satu brand dengan brand lainnya sangatlah penting. Hal ini sangat biasa apalagi pada zaman sekarang, poin ini juga yang membuat sejarah Uniqlo berbisnis di Indonesia menjadi sukses.

Uniqlo berhasil untuk menonjolkan ciri khas produknya, tetapi tidak hanya sekedar itu saja. Tadashi Yanai menyebutkan bahwa kebanyakan brand fashion akan mengikuti trend fashion yang sedang happening.

Berbeda dengan Uniqlo yang mengusung moto “Made For All” dan berfokus pada peningkatan kehidupan agar bisa menjangkau semua kalangan dari anak muda, anak-anak sampai dengan orang dewasa.

Harganya murah dengan bahan berkualitas premium jadi salah satu unsur diferensiasi juga yang membuat Namanya menjadi besar.

2.Tidak Selalu Mengikuti Trend dan Terus Berinovasi

Biasanya brand terkenal akan selalu mengikuti trend yang ada agar produknya bisa diterima oleh pasar. Tetapi Uniqlo memilih untuk tetap berbeda, ini menjadi rahasia sukses dari Uniqlo dengan tidak mengikuti tren dan lebih fokus untuk mengembangkan produknya.

Beberapa produk yang dibuat adalah heatTech, merupakan teknologi diciptakan pada pakaian yang diciptakan agar tubuhnya menjadi tetap hangat. Sangat cocok digunakan pada musim dingin dengan saku di lengan.

3.Pelayanan Kelas Atas

Saat kalian datang ke toko Uniqlo, para staf sudah menyambut dengan wajah yang ceria dan ucapan selamat datang dengan ramah. Ini membuat kesuksesan sejarah Uniqlo terus berkembang.

Semua staff akan mengikuti pelatihan yang cukup ketat termasuk cara membungkus produk menjadi rapi. Semua dilakukan untuk memberikan pelayanan top tier pada para konsumen.

Alasan Uniqlo Berhasil Menguasai Pasar Kaum Millennials

Mengusung moto “Made For All” Uniqlo merupakan perusahaan ritel Jepang yang menyediakan pakaian kasual untuk semua kalangan dari mulai laki-laki, perempuan, anak-anak, sampai dengan pakaian bayi.

Sejarah Uniqlo yang panjang membuat brand asal Jepang yang awalnya hanya menjual pakaian laki-laki dengan brand Ogiro Shonji ini bekmbang menjadi brand yang bergengsi dan tersebar di beberapa negara termasuk Indonesia.

Uniqlo tidak hanya fokus menjual desain saja tetapi juga teknologi inovatif pada setiap teknologinya membuat brand ini menjadi favorit dan menguasai pasar kaum millennials. Berikut ini alasan Uniqlo berhasil menjadi pilihan para millennial.

1.Desain Pakaian

Berbeda dengan pada awal toko Uniqlo dibuka dan hanya menyediakan baju-baju untuk kaum pria saja. sejarah Uniqlo berkembang dan menjadi brand fashion yang mengeluarkan desain sederhana namun timeless tidak termakan oleh zaman.

Semua produk yang disediakan juga dibuat untuk bisa digunakan pada segala usia dengan teknologi dan ide inovatif yang selalu diperbaharui pada proses produksinya.

2.Awet

Dibandingkan dengan brand lainnya, Uniqlo termasuk toko yang menyediakan produk-produk dengan harga yang murah. Walaupun begitu semua bahan yang digunakan berkualitas dan tahan lama atau awet.

3.Ramah Lingkungan Karena Terbuat dari Bahan Daur Ulang

Saat ini sudah banyak orang yang mulai terbuka mengenai lingkungan, terutama banyak diantaranya kaum millennial. Kelompok usia dari mulai 16 tahun sampai dengan 25 tahun memiliki kepedulian lingkungan yang cukup tinggi dibandingkan kelompok usia lainnya.

Kepedulian ini yang membuat banyak dari kaum millennial memilih Uniqlo karena produk yang dibuatnya menggunakan bahan daur ulang. Salah satunya koleksi yang dikeluarkan Uniqlo Dry ex yang terbuat dari botol plastik bekas.

Sejarah Uniqlo membuat produk daur ulang juga dipertegas dengan adanya remake project yang dibuat pada tahun 2022. Projek ini merupakan bentuk kepedulian Uniqlo terhadap lingkungannya dengan mendaur ulang pakaian bekas menggunakan Teknik recycle dan upcycle dari material pakaian Uniqlo yang tidak terpakai.

4.Desain Store yang Luas dan Bersih

Sebelumnya telah disebutkan Uniqlo memulai toko pertamanya sebagai toko kecil menjual pakaian pria, 10 tahun kemudian toko-toko kecil Uniqlo mulai bermunculan pada beberapa tempat lainnya di Jepang.

Sejarah Uniqlo ini terus berkembang hingga saat ini store milih brand jepang dikenal memiliki area yang luas. Biasanya terdiri atas dua lantai dan dibuka pada pusat perbelanjaan besar, selain luas juga terlihat sangat bersih dan rapi.

Penataannya dibuat sesuai dengan golongan dan ukuran yang sangat berurutan sehingga para pengunjung akan mudah mencari produk yang diinginkan.

Telah melalui perjalanan yang panjang dari toko pakaian pria yang kecil berubah menjadi toko retail pakaian asal Jepang yang sudah tersebar ke beberapa negara. Sejarah Uniqlo dan rahasia kesuksesannya bisa menjadi inspirasi yang baik untuk kalian yang ingin memulai bisnis terutama di bidang fashion.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: