Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Pendapatan dan Efisiensi, Perluasan Manfaat GoPay Coins Bantu GOTO Raih Profitabilitas Lebih Cepat

Tingkatkan Pendapatan dan Efisiensi, Perluasan Manfaat GoPay Coins Bantu GOTO Raih Profitabilitas Lebih Cepat Kredit Foto: Unsplash/Edi Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perluasan jangkauan manfaat GoPay Coins sebagai bagian dari inovasi unit bisnis finansial PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memberikan dua manfaat sekaligus. Keduanya mendorong terwujudnya percepatan profitabilitas dari perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia ini. 

Analis Pasar Modal, Hans Kwee, mengatakan pada satu sisi, meluasnya penggunaan GoPay Coins yang semula untuk di lingkungan antar-platform dalam ekosistem GOTO saja menjadi bisa di banyak tempat atau keluar dari ekosistem akan mendorong peningkatan pendapatan Perseroan. Ini merupakan manfaat pertama.

Tambahan pendapatan terutama karena sebaran penggunaan GoPay Coins yang semakin luas sehingga mendorong peningkatan transaksi konsumen menggunakan GoPay di lebih banyak tempat. ”Disamping itu ada peluang mendapat pendapatan lainnya karena uang yang ada di sistem bisa menghasilkan,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (02/03).

Baca Juga: GoTo Gandeng Siberkreasi dalam Proyek Peningkatan Literasi Digital UMKM

Selanjutnya, kata Hans, perluasan manfaat ini akan meningkatkan loyalitas konsumen. ”Ini akan meningkatkan loyalitas. Kemudian biaya akuisisi pelanggan jadi turun sebab kalau ada promo pakai GoPay Coins akan dapat diskon maka banyak pelanggan yang buka GoPay Coins,” kata Hans yang juga merupakan Direktur Equator Swarna Capital.

Di negara lain terutama seperti di Tiongkok, kata Hans, transaksi memang didominasi non tunai atau melalui aplikasi. Hal yang sama memungkinkan terjadi di Indonesia dan ketika hal tersebut terwujud, GoPay akan mendapat manfaat berupa salah satunya akuisisi costumer lebih murah.

Oleh karena itu terdapat dampak positif kedua dari perluasan manfaat GoPay Coins ini yaitu membantu meningkatkan efisiensi di GOTO sehingga akan mendukung percepatan profitabilitas. ”Jadi keuntungan pertama GoPay Coins ini pertama meningkatkan loyalitas, kemudian menarik costumer baru, dan meningkatkan efisiensi karena biaya akuisisi pelanggannya lebih murah,” ujarnya.

Seperti diketahui, GoPay memang baru saja mengumumkan bahwa penggunanya bisa mengumpulkan dan menukarkan GoPay Coins ketika bertransaksi di berbagai merchant online dan offline yang menggunakan layanan GoPay, termasuk XXI, Codashop, Hypermart, Blue Bird, Pizza Hut dan berbagai QRIS dan merchant online lainnya. 

Baca Juga: Dua Petinggi GoTo Mendadak Mundur, Siapa Penggantinya?

Dengan perluasan jangkauan manfaat GoPay Coins ke merchant di luar aplikasi Gojek dan Tokopedia, pengguna kini mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan cashback yang bisa secara langsung digunakan untuk mengurangi biaya transaksi.  

”Perluasan jangkauan manfaat GoPay Coins merupakan salah satu bentuk strategi GoTo untuk menghadirkan pengalaman yang istimewa di seluruh ekosistem. GoPay sebagai salah satu produk dari GoTo Financial, terus melakukan inovasi dan telah menjadi dompet digital terbaik dan paling banyak digunakan di Indonesia,” ujar Hans Patuwo, Presiden unit bisnis Financial Technology GoTo, dalam keterangan resminya.

Berdasarkan data kinerja GOTO pada kuartal ketiga 2022, GoPay Coins sebagai sistem loyalitas pelanggan mampu meningkatkan akuisisi pelanggan lintas platform untuk GoPay sebesar 2,3 kali lebih tinggi dibanding insentif lain. Pada saat yang sama, terjadi penghematan beban akuisisi pelanggan sebesar 20% dibanding dengan insentif yang hanya bisa digunakan pada satu platform.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: