Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Jelang Idulfitri 1444 H, Bank Mandiri Siapkan Rp49,6 Triliun

Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Jelang Idulfitri 1444 H, Bank Mandiri Siapkan Rp49,6 Triliun Kredit Foto: Bank Mandiri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp49,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 29 Maret – 26 April 2023 saat Ramadan dan jelang Idulfitri 1443 H. Alokasi ini meningkat sekitar 7,9% dari periode yang sama pada tahun lalu. 

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha, mengatakan inisiatif ini sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadan dan Idulfitri secara nyaman pasca keputusan pemerintah mencabut kebijakan pembatasan kegiatan sosial.

Baca Juga: Yakin Menghadapi Tantangan, Dirut Bank Mandiri Optimis Kinerja Perusahaan Semakin Baik di Tahun 2023

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi sekitar Rp16,5 triliun per hari selama periode tersebut. 

"Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 13.068 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran," kata Rudi dalam keterangan resminya.

Selain mesin ATM, dia melanjutkan, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin' by Mandiri.

"Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 3.300 ATM dan 37.200 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata," katanya.

Nasabah juga dapat Livin' by Mandiri yang kini telah mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan Quick Response (QR) payment. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat pada super app ini. 

"Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin' by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja," imbuh Rudi.

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Rudi menjelaskan pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 735.000 kartu yang dapat diperoleh di cabang, toko retail (Indomaret, Alfamart, dll), outlet resmi bankmandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Baca Juga: Bank Mandiri Kantongi Izin Stock Split 1:2, Intip Jadwal Pelaksanaannya!

Dituturkannya, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

"Tidak hanya itu, selama bulan Ramadan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadan untuk memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/livinrmdn2023," tukas Rudi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: