Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Sustainable Competitive Advantage?

Apa Itu Sustainable Competitive Advantage? Kredit Foto: Unsplash/Al ghazali
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sustainable Competitive Advantage atau keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah sekumpulan fitur dan kemampuan yang memungkinkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan konsumennya lebih baik daripada pesaingnya.

Sustainable Competitive Advantage diperlukan bagi perusahaan untuk berkembang di lingkungan global saat ini. Tanpa satu atau lebih keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, sebuah perusahaan mungkin tidak dapat pulih dari apa pun yang menyebabkan saham menjadi murah. 

Paling sering, perusahaan dengan jenis keunggulan ini menciptakan nilai bagi pelanggan mereka yang lebih unggul jika dibandingkan dengan bisnis lain.

Baca Juga: Apa Itu Business Model Canvas?

Salah satu cara paling umum yang dapat digunakan perusahaan untuk menentukan keunggulan dibandingkan pesaingnya adalah dengan membandingkan laba. Jika satu perusahaan mengungguli para pesaingnya secara konsisten, ia mungkin memiliki keunggulan berkelanjutan atas mereka.

Keunggulan kompetitif  adalah apa yang diberikan oleh perusahaan atau departemen untuk melakukan yang lebih baik daripada orang lain. Bagian berkelanjutan mengacu pada kemampuan untuk terus melakukan hal-hal tersebut dalam jangka panjang. 

Perusahaan bisa memiliki lebih dari satu keunggulan, dan juga bisa mengembangkan keunggulan lainnya.

Sustainable Competitive Advantage adalah kekuatan organisasi yang unik untuk organisasi. Ini adalah kekuatan yang membedakan Anda dari pesaing. Keunggulan kompetitif adalah kekuatan atau alasan klien Anda memilih Anda daripada pesaing Anda. Itu harus memiliki nilai bagi pelanggan Anda!

Keunggulan kompetitif tidak mudah dibuat atau ditiru. Jika mereka mudah dibuat atau disalin, mereka mungkin menjadi peluang pertumbuhan. Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan bersifat jangka panjang, itu berarti perlu waktu bagi pesaing untuk menirunya.

Berikut adalah daftar strategi yang dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan bagi perusahaan:

1. Menganalisa bisnis lain

Menganalisa bisnis lain akan sangat membantu bagi bisnis ukarena dapat memberi mereka informasi yang berguna untuk mempromosikan produk dan layanan mereka dengan lebih baik.

Menggunakan analisis pesaing, sebuah bisnis dapat menentukan strategi pemasaran yang digunakan perusahaan lain dan bagaimana mereka menargetkan pelanggan mereka. Ini dapat memungkinkan bisnis untuk menemukan area yang lebih lemah dari kampanye pemasarannya sendiri dan mengembangkan keunggulan dibandingkan para pesaingnya.

2. Memberikan layanan pelanggan yang sangat baik

Cara terbaik bagi bisnis untuk memisahkan diri dari perusahaan lain adalah dengan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan konsisten. Konsumen sering menghargai perusahaan yang dapat menjawab pertanyaan mereka, atau mendengarkan kekhawatiran mereka tentang suatu produk atau layanan.

Ketika sebuah bisnis menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan segera, itu juga dapat membantu memecahkan tantangan atau keraguan apa pun yang mungkin dimiliki pelanggan tentang membeli produk dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

3. Fokus pada masalah pelanggan

Ketika sebuah bisnis berfokus pada masalah pelanggannya, ia dapat menciptakan lebih banyak produk dan layanan yang memecahkan masalah tersebut. Itu dapat membantu membuat barangnya lebih menarik bagi konsumen dan memberi perusahaan keunggulan dibandingkan pesaingnya.

Misalnya, jika sebuah perusahaan lansekap baru-baru ini menemukan bahwa pelanggannya bermasalah dengan nyamuk, perusahaan tersebut dapat membuat layanan baru yang mengurangi jumlah serangga dan hama di pekarangan seseorang.

4. Terus berinovasi

Terus berinovasi dapat membantu bisnis menemukan produk dan layanan baru untuk dibuat. Produk dan layanan tersebut dapat membantu memecahkan tantangan baru dan menargetkan pasar konsumen yang lebih besar.

Misalnya, bisnis yang membuat senter mungkin mengembangkan lampu baru yang berfungsi di bawah air. Bisnis tersebut dapat menjual lampu baru ini kepada penyelam, nelayan, dan berkemah, yang mungkin mendapat manfaat dari fitur tersebut.

5. Meningkatkan koneksi pelanggan

Ketika sebuah bisnis terhubung dengan pelanggan melalui hasrat mereka, itu dapat membantu mengembangkan loyalitas merek. Itu karena bisnis menunjukkan kepada pelanggan bahwa mereka peduli dengan kepentingan mereka.

Misalnya, sebuah perusahaan mungkin memberikan lagu gratis dari artis terkenal atau tiket film untuk rilis film baru saat pelanggan membeli produk. Promosi ini mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian, sekaligus terhubung dengan mereka melalui hal-hal yang mungkin mereka sukai.

6. Memberikan kecepatan yang sangat baik

Memberikan kecepatan yang luar biasa sangat membantu karena ini menunjukkan bahwa bisnis peduli dengan waktu pelanggan mereka. Saat pelanggan melakukan pembelian, mereka sering menghargai menerima produk atau layanan mereka secepat mungkin.

Jika pelanggan memiliki masalah atau pertanyaan, mereka juga menghargainya ketika perusahaan dengan cepat menanggapi pertanyaan mereka. Ketika sebuah bisnis memastikan bahwa ia memberikan kecepatan yang sangat baik dengan layanannya, itu dapat menciptakan keunggulan kompetitif.

7. Peduli terhadap lingkungan

Ketika sebuah perusahaan peduli terhadap dampaknya terhadap lingkungan, hal itu dapat menghasilkan loyalitas merek yang lebih baik. Itu karena perusahaan menunjukkan kepada pelanggannya bahwa mereka peduli terhadap Bumi, serta orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Ini juga menunjukkan kepada mereka bahwa perusahaan tidak memprioritaskan keuntungan daripada pemeliharaan lingkungan. Misalnya, bisnis yang ingin menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan mungkin mempertimbangkan untuk membuat produk yang dapat didaur ulang atau terbarukan.

8. Membuat konten

Membuat konten online, seperti blog, artikel, dan video, dapat membantu bisnis meningkatkan jangkauan pelanggannya. Itu karena pelanggan dapat dengan mudah berbagi konten online dengan teman dan keluarga mereka melalui media sosial, email, atau teks.

Paling sering, ketika sebuah perusahaan membuat konten online, ia berfokus untuk memberikan nilai kepada pembacanya dengan menjawab pertanyaan yang mungkin mereka miliki atau memberi mereka informasi berharga. Misalnya, bisnis yang menjual oli mobil mungkin menulis postingan blog yang membantu pembaca mempelajari cara mengganti oli mobil mereka sendiri.

9. Meningkatkan hubungan karyawan

Ketika sebuah perusahaan meningkatkan hubungannya dengan karyawan, itu dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik. Itu dapat membantu mendorong lebih banyak orang untuk bekerja untuk perusahaan dan meningkatkan jumlah inovator, pemecah masalah, dan pemimpinnya.

Jika sebuah bisnis mengembangkan hubungan baik dengan karyawannya, itu juga dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggannya. Itu karena pelanggan sering menghargai ketika perusahaan memperlakukan karyawannya dengan baik.

10. Membangun komunitas

Sangat membantu bagi bisnis untuk membangun komunitas dengan pelanggannya karena dapat lebih terlibat dengan mereka dan mengembangkan loyalitas merek yang lebih baik. Cara umum perusahaan membangun komunitas adalah melalui platform seperti media sosial dan blog.

Hal ini memungkinkan pelanggan mengomentari konten yang dibuat oleh perusahaan dan terlibat satu sama lain atau dengan perusahaan itu sendiri. Beberapa bisnis bahkan mungkin membuat platform di situs web mereka sendiri tempat pelanggan dapat berbagi ide dan berkomunikasi satu sama lain tentang produk, layanan tertentu, atau topik relevan lainnya.

Kejujuran adalah cara terbaik bagi bisnis untuk tetap kompetitif karena dapat menunjukkan kepada konsumen bahwa mereka mengatakan yang sebenarnya tentang segala hal, termasuk manfaat produk atau layanan mereka.

Misalnya, jika sebuah perusahaan menyadari salah satu produknya memiliki kesalahan, mungkin akan membuat pengumuman kepada publik dan menarik kembali produk tersebut atau menawarkan pengembalian uang. Ini dapat menunjukkan kepada orang-orang bahwa perusahaan peduli dengan kesejahteraan mereka dan ingin memberi mereka layanan terbaik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: