Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dimanfaatkan Sampai Titik Terkecil, Indonesia Ekspor Minyak Sawit Hingga Inti Bungkil

Dimanfaatkan Sampai Titik Terkecil, Indonesia Ekspor Minyak Sawit Hingga Inti Bungkil Kredit Foto: PGN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan masih dominan telah berkontribusi sebesar 23,10% terhadap komposisi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Sumatera Barat tahun 2016. Sub sektor pertanian yang memberikan kontribusi yang paling besar ialah sub sektor tanaman perkebunan, khususnya kelapa sawit yakni sebesar 6,57%. 

Berdasarkan data yang dirangkum PASPI, kelapa sawit memiliki rata-rata luas tanam dan produksi terbesar dengan total luas tanam sebesar 384.237,68 hektar dan total produksi sebesar 1.184.692,79 ton yang menyebar hampir di seluruh kabupaten / kota dalam Provinsi Sumatera Barat. 

Baca Juga: Tidak Maksimalnya Daerah Sawit Menekan Angka Stunting, Menko Muhadjir: Mari Gotong Royong!

Dilihat dari permintaan dunia terhadap minyak sawit Indonesia terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dunia yang membutuhkan minyak sawit sebagai bahan baku pembuatan produk-produk turunan seperti minyak goreng, margarin, coklat, kosmetik, biodiesel, dan untuk kebutuhan sehari-hari. 

“Permintaan ekspor minyak sawit Sumatera Barat juga menunjukkan peningkatan. Selain buah sawitnya sebagai ekspor minyak sawit unggulan ada produk unggulan lainnya seperti bungkil. Bungkil ini adalah salah satu olahan dari sawit di Sumatera Barat yang memiliki nilai ekspor tinggi,” catat PASPI. 

Dalam sumber yang sama, Provinsi Sumatera Barat yang dikenal sebagai penghasil komoditas pertanian telah mampu menjadikan bungkil kelapa sawit sebagai salah satu komoditas unggulan ekspor. Belum lama ini, 10 ribu ton bungkil sawit senilai Rp12,24 miliar dikapalkan ke Selandia Baru dari Sumatera Barat. 

Baca Juga: Tumpang Tindih Sertifikasi Lahan Sawit, Siapa yang Kuat?

Tidak hanya ke Selandia Baru, Provinsi Sumatera Barat juga melakukan ekspor bungkil sawit ke Vietnam, Italia, Filipina, Afrika Selatan, Singapura, Belanda, China, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Arab Saudi. Bungkil sawit merupakan olahan dari inti sawit yang biasa digunakan untuk pakan sumber protein bagi hewan ternak seperti sapi.

Baca Juga: Anggota Komisi XI DPR RI Ini Dukung Pembukaan Lahan Kelapa Sawit di Banten

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: