Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

6 Tips ini Dijamin Bikin Kamu Tetap Bugar Saat Mudik, Cobain deh

6 Tips ini Dijamin Bikin Kamu Tetap Bugar Saat Mudik, Cobain deh Kredit Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tak terasa sebulan sudah kita lewati dengan beribadah puasa di bulan Ramadan. Hanya dengan menghitung hari, akhirnya kita semua sampai di hari kemenangan yang telah dinanti oleh sebagian besar umat yang merayakan.

Pada pekan ini, masyarakat pun berbondong-bondong melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bertemu kerabat dan sanak saudara. Masih menjadi pilihan tertinggi, kebanyakan pemudik memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana mudik dengan jumlah prediksi pengendara roda empat mencapai 27,32 juta orang dan roda dua mencapai 25,13 juta orang. Sehingga kepadatan di tengah perjalanan arus mudik sulit untuk dihindari. Baca Juga: Naik Heli, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Arus Mudik di Tol Jakarta-Merak Hingga Pelabuhan Bakauheni

Oleh karenanya Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ingin memberikan rasa peace of mind kepada para pemudik melalui tips cara menjaga agar tubuh tetap fit dan bugar ketika menempuh perjalanan jauh agar tetap aman dan nyaman saat berkendara. Menurut The Real Driving Center (RDC) Indonesia, berikut adalah beberapa cara memastikan kondisi tubuh fit saat mengemudi di kala mudik:

1.      Istirahat yang cukup

Pastikan beristirahat atau tidur selama 7 hingga 9 jam dan tidak berkendara mendekati atau saat waktu tidur serta mengatur perencanaan perjalanan yang baik. Seperti mengatur waktu untuk berkendara dan juga menyisipkan waktu beristirahat 2 jam sekali di rest area yang dilewati. Gunanya selain sampai tujuan sesuai jadwal, ini juga dapat membantu mencegah rasa kantuk untuk pengendara dengan mendapatkan istirahat yang pas dan cukup untuk berkendara dengan aman.

2.     Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit, tidak hanya untuk saat mengemudi namun untuk melakukan aktivitas lainnya sehari-hari. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, seperti roti gandum, daging ayam, sayuran, dan buah-buahan. Hindari makanan yang terlalu berlemak, terlalu banyak gula atau caffein karena bisa membuat tubuh merasa lelah dan tidak nyaman.

3.     Jaga cairan tubuh

Puasa dapat menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh, yang dapat membuat tubuh cepat merasa lelah dan tidak fokus sehingga dapat membahayakan pengemudi. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga cairan tubuh dengan meminum air secukupnya saat sahur dan berbuka.

4.     Lakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan sebelum memulai perjalanan dapat membantu tubuh tetap bugar. Namun jika merasakan letih kembali akibat duduk terlalu lama, istirahatlah di rest area dan lakukanlah peregangan otot atau berjalan sejenak untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot dan aliran darah dapat kembali lancar serta me-refresh pikiran agar badan tidak lemas dan otak dapat kembali segar sehingga dapat melanjutkan perjalanan. 

Baca Juga: Untuk B100, Pengusaha Sawit: Minimal Butuh Pasokan CPO 36 Juta Ton Per Tahun

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: