Bongkar Strategi Khusus Blibli Kuasai Pasar E-Commerce di Jatim, Ini Kiat-kiatnya!
Perusahaan e-commerce PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) meyakini pangsa pasar di wilayah Jawa Timur (Jatim) masih menjanjikan. Hal ini didorong dengan pertumbuhan penduduk Jatim yang kini mencapai 41 juta jiwa dan pertumbuhan perekonomian sebesar 5,53 persen yang menambah keoptimisan Blibli untuk merebut pasar e-commerce tahun ini.
AVP of Branch Surabaya Blibli, Didi Tjandra, mengatakan kehadiran e-commerce menjadi semakin integral, tidak hanya bagi pelanggan, tetapi juga seller menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan aksesibilitas dalam menjangkau pasar yang lebih luas.
Baca Juga: Kinerja Keuangan Blibli Tumbuh Positif Awal Tahun 2023, Begini Kata Manajemen
Guna memenuhi kebutuhan itu, kata Didi, pihaknya mulai memperkuat backbone omnichannel yang terintegrasi dan strategi hyperlocal dalam meningkatkan relevansinya sebagai platform ekosistem omnichannel dan gaya hidup terlengkap, utamanya di provinsi Jawa Timur.
"Kami percaya kekuatan omnichannel dan kolaborasi akan menjadi kunci keberhasilan kami di masa depan. Inilah yang melandasi kami menggandeng banyak mitra seller dan pemilik usaha lokal di Jawa Timur sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi daerah nantinya," tegas Didi di Surabaya kemarin
Lebih lanjut Didi mengungkapkan, guna memudahkan belanja secara online dan offline pada masyarakat, saat ini pihaknya menyediakan tujuh outlet di bawah naungan Ranch Market, anak usaha Blibli yang sudah tersebar di Jawa Timur, yang memberikan kemudahan bagi pelanggan berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan produk segar berkualitas premium.
Selain itu, untuk mendukung kepemimpinan Blibli di kategori gadget dan consumer electronics, tujuh toko mono dan multibrands, sudah resmi dibuka dan siap melayani kebutuhan gaya hidup dan produktivitas on-the-go masyarakat Surabaya.
Sementara itu, Business Development Director Blibli OMG, Dony Satriaputra Munaf, juga mengatakan, di bawah naungan Blibli OMG yang juga anak usaha Blibli, ada tujuh omnichannel store juga hadir di Jawa Timur, termasuk monostore, Blibli Store, dan Tukar Tambah Store.
"Kami menargetkan akan mengoperasikan lebih dari 200 store di seluruh Indonesia per akhir 2023 mendatang. Ekspansi ini tentunya selaras dengan komitmen kami menghadirkan omnichannel presence di seluruh Indonesia dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja secara online dan offline lewat fitur Click & Collect, Blibli Instore, produk 100 persen orisinil, cicilan 0 persen dari mitra perbankan dan nonperbankan yang lengkap, hingga jaminan harga tukar tambah terbaik," beber Donny.
Baca Juga: Semakin Membengkak, Rugi Blibli Tembus Rp5 Triliun Sepanjang Tahun 2022!
Sementara untuk pangsa pasar otomotif, penjualan lewat Blibli sendiri, Assistant Vice Presisident of Digital, Automotiv, Ticket end Travel, David Hutani, menilai masih cukup tinggi dan masih tetap menjanjikan. Saat ini, kata dia, pangsa pasar yang memiliki kontibusi cukup besar adalah kota besar seperti Jakarta, yakni 50-hingga 60 persen, disusul daerah lainnya, seperti Semarang, Medan, dan Surabaya.
"Untuk wilayah Surabaya masih 10 persen kedepannya kami akan meningkatkan lagi. Hal ini dikarenakan kami telah menjalin dengan dealer besar untuk kendaraan R4 dan R2. Setiap bulannya kami bisa menjualan unit kendaraan berkisar 10 hingga 20 unit kendaraan. Tingginya konsumen ini disebabkan kami menggelar beberapa program seperti cicilan lewat kartu kredit. Tren ini mulai banyak diminati kaum muda karena dianggap mudah dan tidak ribet," jelas David.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Ayu Almas
Tag Terkait:
Advertisement