Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Canon Rilis Mirrorless Full Frame Seri EOS R8, Diklaim Paling Ringan

Canon Rilis Mirrorless Full Frame Seri EOS R8, Diklaim Paling Ringan Kredit Foto: Nadia Khadijah Putri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Distributor tunggal kamera Canon, PT Datascrip, menghadirkan Canon EOS R8 sebagai kamera mirrorless full-frame dengan berat ringan dan desain yang ringkas di acara Halalbihalal the Launch of EOS R8 Full-Frame Mirrorless, Black Owl, Kelapa Gading, Jakarta pada Senin (8/5/2023).

Dengan bobot sekitar 461 gram, kamera ini diberi fitur dan teknologi berupa Canon Log 3 dan kecepatan continuous shooting hingga 40 fps. Sehingga hasil kualitas gambar foto dan video setara kamera profesional.

Direktur Unit Bisnis Canon di PT Datascrip, Monica Aryasetiawan mengungkapkan, kamera dengan ukuran sensor besar membuat berat menjadi tidak ringkas. 

Baca Juga: Synology Luncurkan Kamera AI BC500 dan TC500

“Namun, dengan EOS R8, para profesional dapat memanfaatkan kualitas full-frame dengan perangkat kamera yang ringkas dan ringan, memberikan keleluasaan untuk pengambilan gambar saat menjelajah kota hingga merekam aktivitas sehari-hari.”

Di samping itu, Canon EOS R8 juga dilengkapi efek bokeh yang menghasilkan depth of field (DoF) lebih dangkal, memaksimalkan pengambilan gambar dengan lensa sudut lebar, hingga gambar jernih minim noise pada ISO tinggi. Hal ini didukung oleh sensor gambar CMOS full-frame 24,2 megapiksel dan prosesor DIGIC X. Hasilnya, kamera ini mampu mode Electronic Shutter hingga 40 fps. 

Selain untuk memotret, Canon EOS R8 juga mumpuni merekam video footage 4K UHD tanpa cropping dengan oversampled dari 6K berkualitas hingga 60p. Memiliki peredaman panas, kamera ini mampu mengambil gambar hingga 4K 30p tanpa batas batasan waktu perekaman, dan hingga 30 menit pada 4K 60p.

Tidak kalah penting, saat merekam video dengan handheld atau tanpa tripod, Canon EOS R8 dilengkapi fitur Movie Digital IS secara digital. Sehingga kamera ini dapat mengoreksi kemiringan stabilisasi gambar 5 sumbu selama perekaman video, membuat gambar lebih stabil bahkan saat menggunakan lensa tanpa Optical IS. Saat dikombinasikan lensa Optical IS, hasil gambar stabil dan lebih baik.

Terdapat fitur lainnya yang memberikan kecepatan fokus otomatis yang akurat, yakni sistem Dual Pixel CMOS AF II. Sistem ini dibekali EOS iTR AF X, yang dapat mendeteksi dan melacak wajah, mata, dan tubuh pada orang dan hewan (anjing kucing, dan burung), serta kendaraan (mobil dan sepeda motor). Fitur ini juga “mengunci” subjek, khususnya pada bentuk, warna, dan kecerahan.

Layaknya kamera Canon untuk cinema professional, fitur Canon EOS R8 berupa: 

  • Focus Breathing Correction untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus, sehingga dapat memberikan kontrol lebih besaruntuk ekspresi subjek. 
  • False Colours and Zebras untuk memudahkan pengaturan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan dalam kondisi sulit. 
  • Aspect Marker Display untuk pembingkaian rasio video sesuai dengan kebutuhan, seperti rasio dimensi untuk kebutuhan media sosial (1:1), (16:9), dan sebagainya. 
  • UVC (USB Video Class) / UAC (USB Audio Class) untuk transmisi langsung audio dan video Full HD (plug-and-play) ke PC dengan koneksi USB yang ideal untuk live streaming.

Baca juga: Canon Hadirkan Kamera Terbaru Canon EOS R6 Mark II, Berikut Spesifikasinya!

PT Datascrip selaku distributor tunggal Canon Indonesia memasarkan kamera Canon EOS R8 seharga RP31.299.000 hanya bodi kamera, Rp35.799.000 (bodi kamera beserta lensa RF 24-50 mm f/4.5-6.3 IS STM) dan Rp5.499.000 hanya untuk lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM. 

Pada 8–31 Mei, PT Datascrip memberikan promo launching EOS R8 seharga Rp25.999.000 untuk bodi kamera dan Rp29.999.000 untuk bodi kamera dan lensa.

Setiap pembelian bodi kamera EOS R8 atau bodi kamera beserta lensa, akan mendapatkan ekstra baterai LP-E17.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: