Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Market Size?

Apa Itu Market Size? Kredit Foto: Unsplash/Mailchimp
Warta Ekonomi, Jakarta -

Market size adalah ukuran pasar yang mendatangkan pendapatan total berdasarkan penjualan semua produk dan layanan di pasar tertentu. Dengan kata lain, market size adalah pengukuran volume total pasar tertentu. 

Market size dapat mewakili jumlah konsumen atau pembeli potensial di segmen pasar tertentu. Ukuran pasar penting untuk dipahami oleh bisnis, pengusaha, dan profesional pemasaran karena memberikan wawasan tentang berapa banyak pendapatan yang dapat dihasilkan dalam pasar tertentu. Market size juga membantu bisnis memahami basis pelanggan potensial mereka dan seberapa banyak persaingan yang mungkin mereka hadapi.

Baca Juga: Apa Itu Market Competition?

Perusahaan dapat melakukan studi untuk meninjau ukuran pasar dan pangsa pasar ketika merenungkan strategi bisnis seperti ekspansi, kontraksi, atau likuidasi. Ketika mengacu pada ukuran pasar dan pangsa pasar, detail wilayah geografis, periode, dan jenis unit atau produk merupakan petunjuk konteks penting untuk memahami semua makna dan implikasi potensial.

Ada beberapa cara berbeda untuk menghitung ukuran pasar. Metode yang paling umum adalah dengan mengambil total pendapatan yang dihasilkan oleh semua bisnis di pasar dan membaginya dengan jumlah bisnis di pasar tersebut.

Cara lain untuk menghitung ukuran pasar adalah dengan mengambil jumlah total pelanggan potensial di pasar tertentu dan mengalikannya dengan harga pembelian rata-rata produk atau layanan yang mereka minati. Hal ini memberikan total nilai pasar untuk produk atau layanan tersebut.

Market size adalah metrik vital yang dapat digunakan untuk mengukur kesehatan industri tertentu dan ruang lingkup peluang yang ada di dalamnya. Memahami ukuran pasar sangat penting bagi pemasar dan manajer merek, tetapi ini bukanlah konsep yang paling mudah dipahami, terutama karena tidak ada cara yang cocok untuk mengukurnya.

Saat pemasar mengukur ukuran pasar, mereka mencoba memperkirakan potensi produk mereka, ini lebih dari sekadar melihat apakah konsumen menyukai ide penawaran Anda, tetapi mengukur siapa yang benar-benar memiliki kebutuhan, sarana, dan niat untuk membuat pembelian.

Mengetahui siapa pasar Anda, seberapa besar mereka, dan berapa banyak uang yang mereka wakili memberi pebisnis dasar yang kuat untuk membangun strategi dan menetapkan tujuan masa depan yang jelas. Gunakan anggaran R&D dengan bijak dengan lebih memahami siapa pelanggan Anda, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana Anda dapat menyampaikannya.

Ada beberapa cara untuk mengetahui pasar yaitu:

Identifikasi target pasar untuk produk atau layanan Anda.

Lakukan riset pasar untuk menilai tingkat minat pada apa yang Anda tawarkan; apakah orang akan membelinya?

Mengumpulkan data jumlah calon nasabah dan transaksi per tahun. Ada banyak sumber sekunder yang dapat Anda konsultasikan untuk membantu Anda melakukan ini.

Menilai total pendapatan yang dihasilkan di segmen ekonomi tersebut pada tahun tertentu.

Market size untuk lini bisnis adalah total jumlah pelanggan potensial atau penjualan, biasanya pada tahun tertentu. Untuk jenis usaha yang sudah ada, Anda bisa melihat angka penjualan yang ada untuk memahami besarnya pasar. Seringkali angka penjualan kasar dalam suatu industri dapat ditemukan secara online atau melalui publikasi industri.

Menghitung ukuran pasar merupakan langkah penting dalam membangun bisnis yang sukses atau meluncurkan produk atau layanan baru.  Mengukur ukuran pasar memungkinkan Anda memahami lingkungan tempat Anda meluncurkan produk.

Pebisnis dapat melihat berapa banyak konsumen yang secara konsisten membeli jenis produk tertentu sebagai bagian dari belanja bahan makanan rutin mereka atau berapa banyak yang berencana melakukan pembelian tertentu dalam beberapa bulan ke depan. Ini dapat memberi pebisnis jendela penting, tidak hanya ke dalam nilai pasar dan peluang potensial yang dimilikinya, tetapi juga ke dalam pola perilaku pelanggan yang terkait dengan kategori produk Anda.

Penting juga untuk melacak market size secara berkala karena produk atau layanan baru dapat mengubah niat konsumen, sementara segala macam faktor dapat tiba-tiba membentuk kembali prioritas konsumen.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: