Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Cost Advantage?

Apa Itu Cost Advantage? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Cost advantage adalah keunggulan kompetitif, atau keunggulan, yang diperoleh karena menurunkan titik harga produk atau layanan melalui skala ekonomi atau pendekatan pengurangan biaya lainnya.

Pendekatan yang lebih baik adalah dengan memilih alat pengoptimalan biaya seperti pemodelan biaya yang seharusnya dan perencanaan permintaan yang memperkuat ketangkasan dan skalabilitas, mempercepat profitabilitas dan pertumbuhan, sehingga memungkinkan perusahaan memanfaatkan keunggulan biaya untuk periode yang berkelanjutan.

Cost advantage atau keunggulan biaya merupakan faktor penting dalam mengembangkan strategi bersaing dalam suatu industri. Perusahaan berusaha untuk meningkatkan keunggulan biaya mereka dengan menurunkan biaya bahan mereka dan menciptakan proses yang efisien untuk produksi dan distribusi.

Baca Juga: Apa Itu Switching Cost?

Jika Anda seorang manajer yang ingin meningkatkan keunggulan biaya atau tertarik pada bagaimana bisnis dapat masuk dan berkembang di pasar, Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja keunggulan biaya. 

Ini termasuk menawarkan harga yang lebih rendah untuk barang yang sama atau mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan memiliki biaya produksi yang lebih rendah.

Perusahaan yang lebih besar biasanya memiliki keunggulan biaya dibandingkan perusahaan yang lebih kecil, karena mereka dapat memproduksi lebih banyak dan mendapatkan keuntungan dari pembelian bahan mereka dalam jumlah besar. Beberapa bisnis atau perusahaan bahkan mungkin memiliki perusahaan produksi yang membuat bahan mereka sendiri, yang semakin meningkatkan keunggulan biaya mereka.

Meskipun keunggulan biaya berarti perusahaan menghasilkan lebih banyak berdasarkan harga barang mereka versus biaya pembuatannya, ada beberapa metode berbeda yang dapat digunakan perusahaan untuk menerapkan peningkatan keunggulan biaya mereka.

Berikut adalah beberapa cara bisnis dan organisasi dapat menggunakan keunggulan biaya:

1. Pertahankan harga yang sama tetapi turunkan biaya produksi

Salah satu cara perusahaan dapat menggunakan keunggulan biaya adalah dengan menetapkan harga barang mereka dekat dengan pesaing mereka, tetapi kemudian mereka mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan mengurangi biaya produksi. Jenis keunggulan biaya ini merupakan keunggulan komparatif. Bisnis dapat melakukannya dengan mengurangi biaya bahan, proses, dan distribusi.

2. Meluaskan pangsa pasar dengan menurunkan harga

Cara lain perusahaan menggunakan keunggulan biaya adalah dengan menurunkan harga produk mereka untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Ini bisa berhasil karena banyak konsumen memilih produk dengan harga lebih rendah ketika tidak ada banyak perbedaan di antara pilihannya. Ini adalah strategi penetrasi pasar yang menggunakan keunggulan biaya.

3. Kombinasikan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif

Cost advantage adalah salah satu dari banyak jenis keunggulan yang dapat diupayakan oleh perusahaan untuk dikembangkan. Dengan menggabungkan keunggulan biaya dengan yang lain seperti keunggulan komparatif, perusahaan dapat menciptakan basis konsumen yang loyal dan pangsa pasar yang dapat diandalkan.

Perusahaan sering berusaha untuk meningkatkan keunggulan biaya mereka untuk meningkatkan laba perusahaan secara keseluruhan, tetapi ada beberapa manfaat lain yang terkait dengan peningkatannya juga. Ini adalah beberapa manfaat yang mungkin dialami perusahaan ketika mereka berhasil meningkatkan keunggulan biaya:

1. Menghasilkan lebih banyak produk atau jasa

Salah satu manfaat dari peningkatan manfaat biaya adalah bahwa proses produksi biasanya juga membaik. Salah satu langkah dalam meningkatkan keunggulan biaya adalah meningkatkan efisiensi dalam produksi, artinya bisnis biasanya dapat menghasilkan lebih banyak dalam jumlah waktu yang sama.

2. Memahami keunggulan kompetitif

Keunggulan biaya adalah salah satu komponen dalam profil keunggulan kompetitif yang lebih besar, dan dengan meningkatkannya, Anda dapat mengungkapkan area lain yang memerlukan peningkatan.

3. Mendapatkan lebih banyak pelanggan jangka panjang

Saat menurunkan harga untuk meningkatkan keunggulan biaya, bisnis dapat memperoleh lebih banyak pelanggan setia jangka panjang. Hal ini dapat meningkatkan laba selama masa hidup perusahaan.

4. Kemampuan untuk berevolusi dan berkembang

Ketika sebuah perusahaan memiliki keunggulan biaya yang sehat, para pemimpin dalam organisasi mungkin tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk fokus pada peningkatannya. Ini berarti mungkin ada lebih banyak ruang dalam operasi untuk fokus pada inovasi dan ide orisinal.

Ada beberapa cara yang berbeda bahwa perusahaan dapat mencapai keunggulan biaya. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi biaya produksi secara keseluruhan. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang lebih murah, tenaga kerja, atau input lainnya.

Cara lain untuk mencapai keunggulan biaya adalah dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas sehingga lebih banyak output dapat diproduksi dengan input yang sama atau lebih sedikit. Akhirnya, perusahaan juga dapat mencapai keunggulan biaya dengan mengembangkan teknologi atau proses baru yang memungkinkan mereka menghasilkan barang atau jasa dengan biaya lebih rendah daripada pesaing mereka.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: