Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkominfo Gandeng SIRCLO Luncurkan Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 UMKM

Kemenkominfo Gandeng SIRCLO Luncurkan Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 UMKM Kredit Foto: SIRCLO
Warta Ekonomi, Yogyakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 dan Inkubasi Bisnis Bagi UMKM yang bekerja sama dengan berbagai penggerak industri teknologi Indonesia, seperti platform pembuatan website e-commerce SIRCLO.

Peluncuran ini dilakukan dalam mode hybrid, dihadiri perwakilan dari pemerintah daerah, kementerian dan lembaga, platform digital, fasilitator UMKM, serta pelaku UMKM pada Senin (19/5) lalu di Bilangan, Jakarta.

Dalam proyek ini, SIRCLO akan berperan sebagai fasilitator adopsi teknologi bagi pelaku usaha melalui layanan bernama SIRCLO Store. Kerja sama ini disambut positif oleh kedua pihak, mengingat potensi besar yang dimiliki UMKM di Indonesia.

Baca Juga: Investree Salurkan Pembiayaan Rp1,2 T untuk UMKM Pemenang Tender Pemerintah Sejak 2020

Melalui rilis yang diterima Senin (29/5/2023), Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO, mengatakan, “dijalankannya program ini, besar harapan kami bahwa para pelaku UMKM bisa mendapatkan pendampingan secara langsung serta meningkatkan performa bisnis dengan memanfaatkan kemudahan layanan digital yang ditawarkan oleh SIRCLO”.

Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 di tahun 2023 mencakup dua tahapan, yaitu digital mentoring dan inkubasi bisnis. Kegiatan digital mentoring ditujukan bagi 20.000 UMKM produsen sektor pengolahan di 15 kawasan prioritas dengan melibatkan 110 fasilitator pendampingan selama enam bulan.

Kawasan prioritas dalam program ini meliputi Sumatra Utara, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, DI Yogyakarta & Jawa Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Papua dan Papua Barat.

Selanjutnya, kegiatan inkubasi bisnis dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bisnis terutama bagi 100 pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan digitalisasi dalam memasarkan produknya. Kegiatan ini melibatkan 10 pelatih dan beberapa mentor di bidangnya untuk memberikan konsultasi bisnis kepada pelaku UMKM.

Pendaftaran program ini dibuka sejak tanggal 2 Mei 2023. Pelaku UMKM dapat melakukan registrasi melalui tautan https://umkmlevelup.id/pendaftaran.

Baca Juga: Kaesang Bakal 'Sembelih' Kader PSI yang Korupsi: Kita Beri Contoh Partai Lain

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tara Reysa Ayu Pasya
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: