Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Melambung 77,8%, WIR Group Bukukan Laba Bersih Rp26 Miliar di Kuartal I 2023

Melambung 77,8%, WIR Group Bukukan Laba Bersih Rp26 Miliar di Kuartal I 2023 Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT WIR Asia Tbk (WIR Group), perusahaan platform teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara mencatatkan kinerja positif selama tahun 2022 dan kuartal I 2023. Hal ini diumumkan oleh direksi WIR Group pada hari ini, Jumat (9/6/2023) dalam acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 dan Paparan Publik (Public Expose) 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Dalam laporannya, emiten berkode saham “WIRG” ini, berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp1,69 triliun pada 2022 atau meningkat 179,84% dibanding tahun 2021. Sementara pada Public Expose, WIR Group memaparkan bahwa mereka kembali mencatatkan pertumbuhan positif atas pendapatannya pada kuartal I 2023 yakni meningkat sebesar 106,7% menjadi Rp622,3 miliar dibandingkan periode yang sama di tahun 2022 yang sebesar Rp301,2 miliar.

Dengan kondisi tersebut, perseroan pun berhasil mencetak laba bersih di kuartal I 2023 sebesar Rp26,0 miliar, naik 77,8% dibandingkan kuartal I 2022 yang sebesar Rp14,6 miliar. Baca Juga: Masuki Era Smart Society, WIR Group Dorong Penerapan Teknologi Imersif

"Hal ini terjadi berkat ekspansi pendapatan recurring Perseroan melalui platform solusi bisnis SaaS yang menggunakan teknologi imersif dengan fitur AR, VR, dan AI. Peningkatan kinerja ini menunjukkan fokus manajemen dalam menjalankan strategi pertumbuhan yang holistik atas seluruh unit bisnis," ujar Direktur Utama PT WIR Asia Tbk, Michael Budi.

Michael menambahkan, dengan munculnya berbagai inovasi teknologi terkait Mixed Reality yang dikeluarkan oleh berbagai perusahaan teknologi dunia, WIR Group meyakini bahwa teknologi imersif dan interaktif akan menjadi sebuah kebutuhan di masa depan serta melihat inovasi ini menjadi peluang baru bagi Perseroan dalam memperluas strategi akan solusi teknologinya.

"Dengan era AI yang saat ini tengah menggeliat, WIR Group juga telah memberikan berbagai solusi bisnis kepada seluruh industri untuk menjawab tantangan pasar terkait teknologi masa depan. Pengembangan teknologi berbasis AI diharapkan mampu menciptakan peluang usaha baru dan menciptakan optimasi performa bisnis yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga dapat bersaing secara global," tukasnya.

Dalam memberikan solusi, lanjut Michael, WIR Group berupaya untuk membantu mitra bisnis dalam beradaptasi pada perilaku konsumen dan alur bisnis di era digital yang kompetitif. Inklusivitas menjadi kata kunci di WIR Group. "Khususnya dalam mengembangkan teknologi yang berbasis AR, VR, dan AI, penerapan AR dalam produk–produk WIR Group diharapkan bisa diterapkan ke dalam berbagai gawai – tidak hanya yang high end namun juga low end," ungkapnya.

Lebih lanjut, sepanjang 2022 hingga pertengahan 2023, WIR Group secara konsisten memberikan edukasi teknologi web 3.0 serta wawasan terkait inovasi teknologi kepada masyarakat dalam menuju era smart society. WIR Group mengundang berbagai institusi, khususnya institusi pendidikan, untuk merasakan pengalaman ekosistem teknologi imersif dan interaktif yang nantinya akan berguna dalam memberikan peluang ekonomi baru di era mendatang.

"Dengan kemampuan ini, WIR Group juga dipercaya menjadi pihak untuk mendukung pengembangan kurikulum pendidikan yang berfokus pada teknologi imersif dan interaktif," tukasnya. Baca Juga: Kehadiran Teknologi AI Bikin Layanan Konsumen Berevolusi

Adapun pada RUPS hari ini, agenda WIR Group adalah untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham terkait Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022, penetapan penggunaan laba bersih, penetapan KAP untuk Tahun Buku 2023, penetapan remunerasi Dewan Komisaris dan Direksi, penegasan Kembali Anggaran Dasar, dan penegasan susunan pemegang saham. Dalam RUPS ini, WIR Group juga menyampaikan realisasi penggunaan dana IPO.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: