Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenapa India Sangat Terbuka terhadap Inovasi Teknologi?

Kenapa India Sangat Terbuka terhadap Inovasi Teknologi? Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Depok -

Pada abad ke-21 ini, India terkenal sebagai negara yang mencetak orang-orang berkompetensi tinggi dalam bidang pengembangan teknologi dan informasi.

Bahkan, ada asumsi yang mengatakan bahwa 20% sampai 30% ide-ide baru dari perusahan yang berbasis di Silicon Valley dicetuskan oleh orang India, baik itu imigran atau orang India-Amerika. Oleh karena itu, kenapa India sangat terbuka soal inovasi teknologi?

Naushad Forbes, co-chairman di Forbes Marshall, perusahaan penyedia teknik uap dan konservasi energi terkemuka di India, menjelaskan bahwa kultur sangat memengaruhi keterbukaan India terhadap bidang teknologi informasi. Ia mengatakan, keanekaragaman orang India membuat mereka memiliki beragam nilai tawar terhadap inovasi yang mereka hasilkan.

Baca Juga: China Versus India: Lihat Bagaimana Negara Mendemokratisasi Potensi Bangsa

“Salah satu kekuatan besar India dan salah satu kekuatan besar Indonesia adalah keberagaman, kita memiliki masyarakat yang sangat beragam. India khususnya ada 1,4 miliar orang dan orang India di bagian timur laut terlihat berbeda dengan orang India di bagian selatan. Di India, di bagian barat lautnya, mereka berbeda secara fisik, menggunakan bahasa yang berbeda, dan menggunakan aksara yang berbeda. Ada keragaman yang sangat besar. Dan hasilnya adalah mereka punya nilai tawar,” kata Naushad, dikutip dari kanal Youtube Gita Wirjawan pada Selasa (13/6/2023).

Terlebih, India sangat terbuka terhadap orang-orang yang ingin datang atau berkarier di India. Aspek ini yang memudahkan orang-orang untuk mengembangkan potensinya di bidang teknologi.

“Saya pikir karena mereka merasa sangat nyaman (terhadap perbedaan). Mereka berteman dengan mereka yang memiliki minat dan nilai yang sama, tanpa memandang dari mana mereka berasal dan untuk bidang apa mereka datang ke India. Kota-kota di India menawarkan hal-hal yang berbeda, India sangat menarik dari segi pariwisata dan peluang ekonomi. Potensi-potensi tersebut membuat India menjadi sangat menarik. Jika mereka ingin memanfaatkannya, maka kebijakan mereka harus terbuka untuk semua orang dan memudahkan orang untuk datang ke India,” jelasnya.

“Saya berharap bahwa perubahan-perubahan kecil yang telah kita lihat akan berbalik lagi dan akan kembali menjadi lebih terbuka. Sehingga, memudahkan tidak hanya orang-orang asal India untuk datang ke India dan bekerja di India, tetapi orang-orang dari semua bangsa dan negara jika mereka ingin datang ke sini, membuat rumah di sini, membuat perusahaan di sini, berkarier di sini,” sambungnya.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Novri Ramadhan Rambe
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: