Profil Melissa Siska Juminto, Presiden Tokopedia Berpengaruh Tahun 2023
Media berbasis New York di Indonesia, Fortune Indonesia merilis daftar Most Powerful Women untuk kedua kalinya. Penghargaan tersebut mengakui 20 perempuan berpengaruh di Indonesia yang berasal dari dunia bisnis, beserta para pemimpin lain yang terpilih dari sektor pemerintahan, kesenian, dan sosial.
Para pemimpin perempuan ini masuk dalam daftar karena dipandang dapat memberikan ruang untuk menginspirasi dan memberi visi dalam dunia yang dijalani, salah satunya Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto, yang berhasil masuk daftar tersebut.
Pada Februari 2023, Melissa dipercaya untuk memimpin Tokopedia, menggantikan William Tanuwijaya. William menjuluki Melissa sebagai “mother of dragons,” yang siap berangkat dan memimpin perang sesaat setelah melahirkan.
Baca Juga: Tokopedia Dorong Peran Perempuan di Industri Teknologi Lewat START Women in Tech
“Kalau Mel sudah bertekad, maka she will make it happen,” ujar William.
Selama di Tokopedia, Melissa memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni, baik dari segi menangani krisis yang dialami Tokopedia dan GoTo hingga mengurus rumah tangga. Melissa yang lahir tahun 1988 ini memiliki tiga anak dengan dua di antaranya masih berumur di bawah lima tahun.
Bermula sebagai Nakama (sebutan bagi karyawan Tokopedia) ke-44 pada Desember 2012, Melissa bekerja sebagai akuntan, sesuai dengan latar pendidikannya di University of Washington.
Seiring berjalannya waktu, Melissa pun dipercaya untuk mengurus produk, pemasaran, hingga sumber daya manusia.
“Saya belajar sambil bekerja. Dulu, perpindahan dari divisi akuntansi ke marketing itu banyak tantangannya,” ujar Melissa.
“Yang penting kemauan untuk belajar dan kerendahan hati untuk berbagi,” sambungnya.
Sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia memiliki misi untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan di tahun 2009, Tokopedia telah menjadi pelopor transformasi digital di dalam negeri.
“Soal visi dan misi [Tokopedia], saya akan melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh Pak William, ‘democratize commerce through technology’. Jadi, orang tidak harus datang ke kota besar untuk bisa meraih sukses. Kami selalu menyampaikan bahwa suksesnya Tokopedia itu juga datang dari kesuksesan merchant,” ujar Melissa.
Sebagai rumah bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia, Melissa sadar bahwa membangun bisnis yang berkelanjutan menjadi penting untuk diimplementasikan oleh Tokopedia. “Sustainability” ini terintegrasi ke seluruh aktivitas yang Tokopedia lakukan dalam kesehariannya, dari operasi, pembuatan perencanaan dan pertumbuhan, hingga keterlibatan perusahaan dengan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat di ekosistem Tokopedia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait:
Advertisement