Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Profesi atau Sekadar Hobi, Produksi Konten di Media Sosial Tetap Harus Positif dan Bermanfaat

Jadi Profesi atau Sekadar Hobi, Produksi Konten di Media Sosial Tetap Harus Positif dan Bermanfaat Kredit Foto: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2023 untuk Pendidikan di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Sekitarnya pada Jumat (21/7/2023).

Perkembangan teknologi dan penggunaan internet membawa perubahan signifikan pada kehidupan manusia. Paradigma jenis pekerjaan yang bisa dilakoni di era teknologi ini pun jauh berubah jika dibandingkan dengan 20 tahun lalu. 

Jika dulu cita-cita sebagai dokter maupun insinyur sering terdengar, bagi anak-anak zaman sekarang jenis pekerjaan yang dijalani bisa jadi adalah YouTuber, iinfluencer, maupun konten kreator.

Baca Juga: Digitalisasi Kebudayaan Berbasis Video: Manfaatkan Teknologi Internet untuk Populerkan Keunikan Indonesia

"Fenomena ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di Amerika meskipun di China, profesi Vlogger masih di urutan kelima karena urutan pertama masih diduduki profesi astronot dan guru," ungkap Dosen Komunikasi UPNVJ, Rut Rismanta Silalahi, saat menjadi narasumber kegiatan literasi digital #makincakapdigital 2023 untuk segmen Pendidikan di DKI Jakarta, Banten dan Sekitarnya, Jumat (21/7/2023).

Survei We Are Social dan HootSuit pun mengungkapkan bahwa pengguna internet di Indonesia kian bertambah pesat, sekarang mencapai 212,9 juta atau 77 persen dari total penduduk. Tapi angka tersebut belum sejalan dengan kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia, menurut survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2018 menyebutkan bahwa dari tiga subindeks, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia, subindeks keahlian yang memiliki skor paling rendah menurut data yang dirilis 2019. 

Adapun kompetensi yang diperlukan pengguna media digital antara lain dalam mengakses, menyeleksi, memahami, menganalisis, memverifikasi, mengevaluasi, mendistribusikan, memproduksi konten, bahkan hingga berpartisipasi dalam kolaborasi. Hal ini dibutuhkan karena saat ini komunikasi digital menggunakan media sosial memungkinkan seseorang dapat berinteraksi dengan lebih atraktif dan intens. 

Sementara itu menurut Rut, jikalau YouTuber maupun konten kreator tidak dijalani sebagai pekerjaan, tapi profesi ini bisa saja dijadikan hobi. Asalkan konten yang diproduksi adalah konten-konten positif yang memberikan manfaat bagi penontonnya. 

Generasi saat ini pun selalu terhubung dengan internet, apakah sebagai pembuat, penyebar dan pengguna. Sifatnya sendiri seperti berjejaring, kolaboratif dan partisipatif sehingga harus pula memerhatikan unsur budaya digital dan etika digital. 

Lebih jauh Rut pun memberikan 5 kiat yang perlu diingat sebelum mengunggah suatu konten di media sosial. Pertama isi konten harus konten yang mengandung nilai kebaikan, lalu pastikan juga bahwa konten yang dibuat informasinya benar. Ketiga, konten bermanfaat jika orang lain membaca atau melihatnya dan apakah konten tersebut bisa membantu orang lain serta penting dijadikan konten. 

Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. 

Kali ini hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2023 yang ahli dibidangnya untuk berbagi antara lain Kasie Kurikulum Jenjang SD, Muhammad Masyhud, Dosen Komunikasi UPNVJ, Rut Rismanta Silalahi, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar, Cut Meutia Karolina.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau event.literasidigital.id, atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan Youtube Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: