Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

NIPPON PAINT Perkenalkan Nippe Series - Duco Coatings System, Solusi Lengkap Menjawab Kebutuhan Industri Karoseri

NIPPON PAINT Perkenalkan Nippe Series - Duco Coatings System, Solusi Lengkap Menjawab Kebutuhan Industri Karoseri Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pertumbuhan pasar kendaraan bermotor niaga di Indonesia, baik angkutan barang maupun penumpang rata-rata per tahun menyentuh angka 120.000 - 160.000 unit kendaraan yang terdiri dari kendaraan penumpang (bus), angkutan barang (truk dan double cabin), dan kendaraan angkutan khusus seperti mobil derek, mobil pemadam kebakaran, caravan, dan lain-lain. 

Seiring dengan kondisi pemulihan ekonomi pascapandemi, bertumbuhnya pasar kendaraan bermotor niaga tak bisa dipisahkan dengan industri karoseri yang juga merupakan bagian industri otomotif nasional. Hal tersebut diungkapkan oleh Sommy Lumadjeng, selaku Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO) dalam sebuah acara diskusi dan pameran produk Nippe Series - Duco Coatings System, di Jakarta Utara (28/7). 

“Karoseri sebagai penyedia pembuatan bodi dan interior kendaraan sesuai dengan kebutuhan tertentu di atas chasis atau kerangka dasar mobil, masih sangat dibutuhkan di Indonesia karena ragam jenis kendaraan komersil yang ada belum dapat dipenuhi oleh ATPM (Agen Tungal Pemegang Merek). Sehingga masih banyak kendaraan penumpang yang harus dibuat di karoseri. Termasuk dalam hal ini kendaraan-kendaraan komersial, kendaraan dengan kebutuhan khusus, delivery van, dan lain-lain,” ungkapnya. 

Dalam memenuhi permintaan pasar, lebih lanjut Sommy mengatakan bahwa industri karoseri pun tak luput dari berbagai masalah yang kerap dihadapi. “Masalah yang biasanya kami temui antara lain; kondisi aplikasi di lapangan yang tidak selalu bersih dan bebas debu utamanya di area karoseri. Lalu pada saat pengeringan cat saat di oven 70° Celcius biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, penggunaan cat yang cukup boros karena hiding power yang kurang bagus, lalu kombinasi penggunaan produk pelapisan mulai dari dempul hingga clearcoat sering tidak matching,” urainya.

Menjawab berbagai tantangan yang muncul pada saat proses pengecatan produk karoseri, NIPPON PAINT sebagai perusahaan cat / pelapis No. 1 di Asia, pionir dalam inovasi industri cat & pelapis sejak tahun 1881, menyediakan solusi total dalam rangkaian produk Nippe Series yang lengkap dengan formulasi terbaru. 

Menjadi bagian dalam perjalanan kemajuan industri otomotif di Indonesa selama 54 tahun, Nippon Paint terus melakukan berbagai inovasi produk dan layanan. Salah satunya adalah dengan kembali memperkenalkan Nippe Series - Duco Coatings System dari Nippon Paint yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1969 dan kini hadir dengan serangkaian produk yang lebih lengkap dengan formulasi terbaru. 

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, mengatakan, “Berdirinya Nippon Paint Indonesia di tahun 1969 juga menandai hadirnya cat duco yaitu Nippe 2000 sebagai salah satu pelopor cat duco di Indonesia. Bahkan potensi pangsa pasar produk cat duco di Indonesia, kami memprediksi dapat mencapai Rp 5,5 Triliun dalam satu tahun, dengan proyeksi pertumbuhan tahunan mencapai 20%.”

Dalam memenuhi kebutuhan pasar akan cat/pelapis yang lengkap, saat ini Nippon Paint telah menghadirkan serangkaian Nippe Series mulai dari Surface Preparation, Primer, Putty, Filler, Topcoat untuk Solid, Metallic, dan Clear. “Itu semua kami siapkan untuk memberikan Full Duco Coatings System yang terbaik sehingga dapat menjadi solusi lengkap yang membuat proses pengecatan lebih efektif dan efisien dengan hasil maksimal,” ujar Mark.

Ia pun kembali menambahkan bahwa untuk menjaga kualitas dan daya tahan produk karoseri, coatings system berperan penting karena lapisan akhir (top coat) yang lebih ke fungsi estetika atau dekoratif saja tidak cukup untuk menjawab masalah yang ditemui dalam pengecatan. Oleh karena itu, diperlukan beberapa tahap sebelum dilakukan pelapisan top coat, dan juga clear coat sesudahnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam kesempatan yang sama, Dodik Mahendra, Product Category Manager (PCM) Aerosol & Duco Nippon Paint Indonesia, menjelaskan, “Nippe Series sangat lengkap dan sangat sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia terutama untuk industri karoseri. Kami sangat fokus untuk masuk di segmen ini. Kami membangun Nippe Series sebagai Coatings System untuk memenuhi pasar industri otomotif di Indonesia dan produk ini sudah menyesuaikan dengan cara kerja bengkel-bengkel di Indonesia.”

Adapun rangkaian solusi lengkap dari Nippe Series; Duco Coatings System adalah sebagai berikut:

1.Epoxy Primer / anti karat - 1 komponen & 2 komponen

2.PE Putty / dempul – 1 komponen & 2 komponen

3.Epoxy Filler / mengisi pori & mencegah terjadinya kerutan – 1 komponen & 2 komponen

4.NC Top Coat: warna-warna solid, metallic, alat berat, dan PU recoatable finish

5.1K - NC Clear dan 2K PU Hi Gloss Clear – tersedia gloss & doff

6.Flinkote Underseal Spray – terbaik di kelasnya (aplikasi spray)

7.PP Primer - terbaik di kelasnya dengan menyediakan warna hitam, abu-abu, putih

“Semua produk-produk tersebut di atas memiliki keistimewaan yang sangat sesuai untuk menjawab kebutuhan bengkel-bengkel di Indonesia, yaitu; cepat kering, hasil aplikasinya halus, daya rekat kuat & tahan gesekan, tidak menyerap air dan kotoran, daya tutup bagus dan daya sebar luas,” sambung Dodik.

Selain dari ranah karoseri, Nippon Paint juga menjangkau bengkel, salah satunya yaitu Katros Garage yang telah manjajal Nippe Series untuk diaplikasikan pada kendaraan roda dua. Atenx Katros, pemilik Katros Garage merasa sangat puas dengan pengecatan menggunakan Nippe Series. Dikatakan olehnya, “Pengaplikasian Nippe Series pada kendaraan roda dua milik kami telah menghasilkan tampilan yang luar biasa. Dengan pilihan warna yang sangat beragam sehingga dapat mengikuti selera pengguna, cepat kering, halus tidak berpori, hasilnya sangat maksimal dan melebihi ekspektasi.” 

Selain memperkenalkan kembali Nippe Series – Duco Coatings System, pada acara yang sama juga hadir PT NP Automotive Refinishes Indonesia (NPARI), yang juga bagian dari Nippon Paint Group di Indonesia, yang mempresentasikan solusi pelapis otomotif profesional kepada bengkel bodyshops, bengkel cat, dan karoseri di seluruh Indonesia, sejak mulai beroperasi pada April 2015. Didukung oleh berdirinya pusat pelatihan yang terdepan di Ancol pada Maret 2017, PT NPARI menawarkan rangkaian lengkap produk & layanan berstandar internasional, diimpor dari perusahaan grupnya dan didukung oleh teknologi Jepang.

“Visi kami adalah menjadi pemain nomor 1 di pasar pelapis aftermarket otomotif profesional di Indonesia. Kami sangat bangga dengan tim profesional kami, hadir di seluruh Indonesia yang memenuhi beragam kebutuhan pelanggan dan mitra OEM kami. Kami memahami dan memenuhi kebutuhan pasar akan dukungan warna yang kuat, solusi produk yang lengkap, dan layanan teknis untuk memberikan finishing pabrik pada kendaraan mereka." ungkap Vinodh. V, General Manager NPARI.

Melalui berbagai inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan Nippon Paint dalam rangkaian Nippe Series ini, Mark Liew menyampaikan, “Dengan diadakannya diskusi dan pameran mengenai inovasi sistem pelapisan Nippe Series ini, bersama dukungan para mitra dan juga pelaku industri karoseri dan bengkel, kami berharap ke depannya Nippon Paint dapat menjangkau dan berkontribusi lebih luas lagi dalam memenuhi kebutuhan market industri otomotif serta menjadi pilihan terpercaya masyarakat Indonesia.”

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: