Di era sekarang, pengelola perusahaan tidak boleh puas hanya dengan mendapatkan presepsi positif dan memiliki awareness yang luas di masyarakat. Lebih dari itu, mereka harus bisa membangun engagement untuk memberikan pengalaman berharga kepada para konsumen.
Melihat fenomena tersebut SWA dan Business Digest Kembali menyelenggarakan seminar dan awarding yang bertajuk Indonesia Digital Customer Engagement Champions in Services Industry, The Winning Digital Customer Engagement Strategy: Lessons Learned from the Champions pada kamis 27 Juli 2023. Acara tersebut dilakukan secara daring dengan menghadirkan dua pembicara untuk memberikan best practice program engagement konsumen mereka. Kedua narasumber tersebut adalah M. Arifin Purwakananta, Deputi I BAZNAS RI dan Enny Kamal, Direktur PT Bank Sinarmas Tbk.
Baca Juga: Trakindo Raih Penghargaan sebagai 'Most Engaged Workplaces'
Kemal E. Gani, Chief Editor SWA Media mengatakan bahwa program ini ditujukan untuk melakukan pencarian, seleksi, dan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang berhasil dalam menerapkan engagement konsumen melalui strategi dan eksekusi program. Sehingga perusahaanya bisa berkinerja baik dan dapat mendukung keberlanjutan bisnis.
“Perusahan yang masih hanya sekedar memberikan awareness tanpa melakukan engagement tetap masih dalam keadaan rawan,” kata dia. Dia mengatakan ada dua cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk membangun keterikatan antara pelanggan dan perusahaan. Pertama melalui interaksi positif. Kedua, memberikan pengalaman yang berharga dan produktif kepada konsumen.
Dengan begitu, kata dia, pelanggan existing akan semakin loyal terhadap brand atau perusahaan, serta bisa tetap menarik pelanggan baru. “Teknologi dan digitalisasi membawa realitas baru untuk melakukan proses interaksi diantara perusahaan dan pelanggan. Interaksi ini tidak hanya fisik tapi juga digital,” ujarnya.
Sementara itu, M. Arifin Purwakananta, Deputi I BAZNAS RI mengatakan pihaknya juga telah memanfaatkan kanal digital untuk membangun engagement karyawan. “Kami kini telah mengembangkan enam platform. Yaitu BAZNAS Platform, Non Commercial Platform, Commercial Platform, Innovative Platform, Social Media Platform, dan Artificial Intelligence Platform. Inovasi ini dikembangkan oleh tim BAZNAS sendiri,” kata dia.
Baca Juga: Exotel Hadirkan Wajah Baru untuk Costumer Experience
Hal serupa juga disampaikan Enny Kamal, Direktur PT Bank Sinarmas Tbk yang menjelaskan bahwa pihaknya juga fokus pada pemanfaatan data dan teknologi untuk memaksimalkan costumer engagement. “Hasil dari kinerja itu adalah kami berhasil menarik nasabah baru dari waktu ke waktu. Serta bisa meningkatkan volume transaction,” kata Enny. Dalam pelaksanaanya, dia menegaskan, Bank Sinarmas fokus pada pengembangan aplikasi SimobiPlus dan personal assistanceyang diberi nama Prissa.
Lebih jauh, Kemal E. Gani berharap best practice yang ditampilkan perusahaan dan brand pada acara dan awarding ini bisa menjadi pembelajaran bagi perusahaan lain untuk terus berkembang dan sustain.
Adapun para penerima award dalam acara ini antara lain PT Bank Sinarmas Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, T&O Customer Center PT Bank DBS Indonesia, Standard Chartered Indonesia, PT Sucorinvest Asset Management, PT BRI Asuransi Indonesia, BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL, PT Mandiri Utama Finance, KMK (Kredit Modal Kerja) Digital by PT Chandra Sakti Utama Leasing (CSULfinance), dan PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement