Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perusahaan Ini Dianggap Berhasil Melakukan Praktik Pelayanan Pelanggan

Perusahaan Ini Dianggap Berhasil Melakukan Praktik Pelayanan Pelanggan Kredit Foto: SWA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peran customer service yang semakin krusial, perusahaan berlomba untuk melaksanakan praktik pelayanan pelanggan dengan kualitas yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggannya. 

Deputy President Director PT Bank Central Asia Tbk, Armand W. Hartono, mengatakan bahwa kunci membangun customer service yakni, terpaksa, dipaksa, terbiasa. Hal ini dikatakannya berdasarkan pengalamannya membangun customer service di BCA yang terus menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan konsumen. 

“Tantangan selalu hadir di segala era dengan rupa yang berbeda-beda. Namun satu hal yang tak pernah berubah adalah komitmen BCA sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi kebutuhan nasabah,” kata Armand. 

Tak hanya BCA, Timezone yang hadir sejak tahun 1995 di Indonesia juga terus memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Naveen H. menyebutkan Timezone berusaha terus meningkatkan level servisnya sehingga pusat hiburan keluarga ini dapat memberikan pelayanan terbaik, dan membuat pelanggan menjadi pelanggan setia dan kembali lagi ke venue.

Baca Juga: Sukses Lakukan Transformasi Digital, BCA Sekuritas Raih Penghargaan

“Mulai dari memperbaiki penampilan venue sehingga ambiencenya lebih cerah dan terang, sampai memberikan benefit khusus untuk pelanggan setia Timezone,” ujarnya. 

Hal yang sama juga dilakukan KMN EyeCare, berbagai upaya juga dilakukan untuk memberikan layanan terbaik setara dengan layanan hotel bintang lima kepada seluruh pasien KMN EyeCare. Dr. Rudy C. Susilo menjelaskan untuk mendesain sebuah layanan yang baik telah disiapkan sebuah pedoman yang disebut dengan Arsitektur Layanan. Pedoman ini menjadi acuan seluruh petugas frontliners KMN EyeCare ketika memberikan layanan kepada pasien. 

Untuk itu, SWA Media dan Business Digest menyelenggarakan ajang penghargaan “Indonesia Customer Service Quality Award 2023” untuk mengapresiasi merek-merek yang berhasil melakukan praktik pelayanan pelanggan dengan kualitas yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggannya. 

Baca Juga: Cara Menangani Komplain Customer untuk Bisnis Kuliner, Hindari Kalimat Ini!

Kemal E Gani, Group Chief Editor SWA Media Group menjelaskan penghargaan ini diberikan berdasarkan survei yang dilakukan di 6 kota yakni Medan, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Surabaya dan Makassar dengan metodologi wawancara face to face kepada 5000 pengguna merek yang merupakan user dari berbagai sektor produk dan jasa.

Hasil survei tersebut didapat dengan menilai pengalaman responden terhadap merek yang pernah digunakan. Adapun acuan penilaian yang digunakan meliputi aspek Reliability, Assurance, Tangible,  Empathy dan Responsiveness. 

Berdasarkan hasil survei, berikut perusahaan-perusahaan yang menerima penghargaan “Indonesia Customer Service Quality Award 2023” dengan predikat Excellent, Very Good dan Good : KMN EyeCare, Erafone, Timezone Indonesia, UBS Gold, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Pegadaian, Solaria, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, PT Mandiri AXA General Insurance, PT Bank BCA Syariah, CITO, Alfamidi, dan ShopeePay.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: