Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gudang Cainiao Milik Alibaba Buka Pertama Kali di Cikarang Logistics Park

Gudang Cainiao Milik Alibaba Buka Pertama Kali di Cikarang Logistics Park Kredit Foto: Reuters/Lai Seng Sin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anak perusahaan Alibaba Group di bidang logistik, Cainiao, telah membuka gudang pertamanya di kawasan Jabodetabek, menurut perusahaan itu dalam sebuah posting-an LinkedIn.

Dilansir dari laman Tech in Asia pada Senin (31/72023), Cainiao berlokasi di Cikarang Logistics Park atau disebut Cainiao Cikarang Logistics Park. Lokasi tersebut merupakan bagian dari jaringan gudang perusahaan di Asia Tenggara, selain gudang yang diluncurkan di Thailand dan Vietnam.

Gudang baru tersebut memiliki area seluas 320.000 meter persegi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Baca Juga: Alibaba Cloud Perbarui Mesin Basis Data Vektor AnalyticDB, Solusi Bangun Generative AI

Sebelum gudang tersebut resmi diluncurkan, 75% ruangan telah dipesan oleh perusahaan-perusahaan besar. Di antara penyewa lokasi baru adalah Lazada (bagian dari portofolio perusahaan Alibaba), CJ Logistics, Klog, dan Haier.

Pada tahun 2021, Cainiao mengumumkan rencana jangka panjangnya untuk membangun gudang pintar di seluruh wilayah, yang menyasar pembangunan gudang dengan cakupan luas 2,5 juta meter persegi, untuk mendukung bisnis ke bisnis (B2B) dan bisnis ke pelanggan (B2C).

Awal tahun 2023, Reuters melaporkan bahwa Cainiao mengumpulkan pendanaan hingga US$2 miliar (Rp37 triliun) melalui listing bursa di Hong Kong pada awal 2024. Penawaran umum perdana saham (IPO) tersebut merupakan bagian dari upaya restrukturisasi Alibaba baru-baru ini, yang membagi bisnisnya menjadi enam unit terpisah.

Setelah pengumuman restrukturisasi, Alibaba juga menyuntikkan pendanaan sebesar US$845 juta (Rp12 triliun) ke Lazada. Pendanaan ini di atas sekitar US$6 miliar (Rp90 triliun) yang telah dipompa oleh raksasa teknologi China Alibaba ke perusahaan e-commerce tersebut. 

Baca Juga: Alibaba Gelontorkan Dana Rp12 Triliun ke Lazada dalam Kompetisinya dengan Shopee dan Tiktok

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: