Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akselerasi Penguatan Ekosistem Syariah Indonesia, Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Pengukuhan KDEKS Kaltara dan Kaltim

Akselerasi Penguatan Ekosistem Syariah Indonesia, Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Pengukuhan KDEKS Kaltara dan Kaltim Kredit Foto: Laras Devi Rachmawati
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin dan rombongan bertolak ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (3/8/2023).

Menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Pangkalan Udara TNI AU Anang Busra, Tarakan, Kalimantan Utara pada pukul 07.00 WIB/08.00 WITA.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Panggil Menko Polhukam dan Jajaran, Ada Apa?

Setelah menempuh penerbangan sekitar 2 jam 45 menit, Wapres dijadwalkan tiba di Kaltara pada pukul 10.45 WITA dan disambut oleh Gubernur Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang beserta Ibu Rachmawati Zainal dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Utara beserta pendamping masing-masing.

Usai beristirahat sejenak di ruang tunggu utama, Wapres direncanakan melanjutkan perjalanan menuju Lapangan Sei Bajau, Pulau Sebatik, Nunukan, dengan menggunakan Helikopter VVIP Kepresidenan Super Puma selama 45 menit.

Adapun, agenda kunjungan kerja Wapres di Pulau Sebatik ini adalah untuk menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kaltara di Gedung Aztrada, Jl. Pantai, Pancang, Kec. Sebatik, Kabupaten Nunukan, serta melakukan peletakan batu pertama pada Pembangunan Rusunawa Pondok Pesantren As'adiyah Sebatik di Sungai Nyamuk, Kec. Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Selepas melakukan rangkaian acara di Pulau Sebatik, Wapres dengan didampingi oleh Ibu Wury dan Gubernur Kaltara direncanakam kembali ke Pangkalan Udara TNI AU Anang Busra di Tarakan untuk selanjutnya bertolak ke Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Hari berikutnya, Jumat (4/8/2023), Wapres diagendakan menghadiri pengukuhan KDEKS Provinsi Kaltim di Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Jl. Gajah Mada Nomor 2, Kec. Samarinda Ulu, Samarinda. Pada kesempatan ini, juga akan dilakukan penyerahan bantuan sosial Bank Indonesia kepada Kelompok Usaha Bersama di Kalimantan Timur dan bantuan sosial PT. Taspen (Persero) secara simbolis kepada 300 Aparatur Sipil Negara (ASN), Golongan I dan II, serta Pensiunan ASN.

Selanjutnya, Wapres direncanakan menuju Pondok Pesantren (Ponpes) Nabil Husein Samarinda, yang berlokasi di Jl. Gajah Mada Nomor 2, Kec. Samarinda Ulu, Samarinda, untuk bersilaturahmi dan melaksanakan Salat Jumat. Di Ponpes tersebut, Wapres juga akan melakukan penyerahan secara simbolis Bantuan BAZNAS Program Santri Menuju Perguruan Tinggi Negeri kepada 3 orang perwakilan penerima.

Wapres diagendakan kembali ke Jakarta pada hari yang sama, pukul 15.00 WITA.

Kehadiran Wapres dalam acara pengukuhan KDEKS di berbagai provinsi di Indonesia merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dalam melaksanakan akselerasi pengembangan ekosistem syariah. Sebab, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain global syariah. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Imbau TNI Polri Waspadai Kelompok Teroris Jelang Pemilu 2024

Untuk itu, kehadiran KDEKS di daerah memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menjangkau para pemangku kepentingan daerah juga masyarakat setempat untuk menjadi kontributor utama ekosistem syariah di daerah. Sehingga, mata rantai pengembangan ekosistem syariah tidak terputus di pusat atau pemerintah provinsi, tetapi juga menjangkau ke tingkat masyarakat terdalam.

Selain Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, hadir mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ini, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan Zumrotul Mukaffa, Tim Ahli Wapres Farhat Brachma, serta Ketua BAZNAS Noor Achmad.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Laras Devi Rachmawati
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: