Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadiri Pengukuhan KDEKS Kaltara, Wapres Apresiasi Soal Sistem Jaminan Halal bagi UMKM

Hadiri Pengukuhan KDEKS Kaltara, Wapres Apresiasi Soal Sistem Jaminan Halal bagi UMKM Kredit Foto: Laras Devi Rachmawati
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin baru saja melakukan kunjungan kerja ke Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (3/8/2023)

Dalam kunjungannya kali ini, Wapres dijadwalkan untuk mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Utara.

Baca Juga: Akselerasi Penguatan Ekosistem Syariah Indonesia, Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Pengukuhan KDEKS Kaltara dan Kaltim

Wapres berharap adanya pengukuhan KDEKS di Kalimantan Utara mampu menjadi pemacu semangat untuk menumbuhkan ekonomi syariah.

“Momentum pengukuhan KDEKS Provinsi Kalimantan Utara hendaknya menjadi pemacu semangat, untuk terus menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat yang dilandasi prinsip kebaikan syariah,” ujarnya saat berada di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, Kamis (3/8/2023).

Mengingatkan jika Ekonomi Syariah tak hanya diperuntukkan bagi umat muslim saja khususnya di Kalimantan Utara, Wapres Ma’ruf Amin sebut konsep tersebut bisa digunakan oleh masyarakat umum dan berpotensi besar menjadi pertumbuhan baru yang semakin memperkuat ketahanan ekonomi di wilayah Kaltara.

Bahkan, Wapres turut mengapresiasi adanya laporan jika Kalimantan Utara telah memiliki program pelatihan Sistem Jaminan Halal bagi UMKM. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Panggil Menko Polhukam dan Jajaran, Ada Apa?

“Program pelatihan Sistem Jaminan Halal bagi UMKM sebagai bentuk komitmen kerja sama percepatan sertifikasi halal antara Pemerintah Provinsi dan BPJPH. Kemudian, pendeklarasian Pulau Nunukan dan Sebatik sebagai Pulau Sadar Zakat,” kata dia.

Langkah tersebut dinilai tepat karena bisa menjadi titik awal komitmen masyarakat untuk lebih mengembangkan sektor keuangan sosial syariah di Kalimantan Utara.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Laras Devi Rachmawati
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: