Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Disnakertrans Jabar Ajak Gravel Berkolaborasi Serap Pekerja Konstruksi di Jawa Barat

Disnakertrans Jabar Ajak Gravel Berkolaborasi Serap Pekerja Konstruksi di Jawa Barat Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform penyedia pekerja konstruksi, jasa konstruksi, dan renovasi rumah, Gravel bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat (Disnakertrans Jabar) dalam menyerap pekerja konstruksi di provinsi tersebut. 

Dilansir dari keterangan resminya pada Jumat (4/8/2023), menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Mei 2023, kondisi perekonomian Jabar yang membaik dapat membawa dampak penyerapan 648 ribu tenaga kerja. Hal ini terjadi dengan adanya peningkatan partisipasi angkatan kerja (TPAK) sebesar 0,44% menjadi 66,75%. Hal ini juga beriringan dengan data berkurangnya pengangguran sekitar 0,46% dari periode Agustus 2022.

Tidak puas dengan capaian tersebut, Disnakertrans Jabar terus berusaha mewujudkan penyerapan kerja semaksimal mungkin. Berdasarkan laporan yang sama, masih terdapat tingkat pengangguran terbuka sebesar 7,8% atau sekitar 2 juta masyarakat yang menganggur. 

Baca Juga: Atasi Masalah Keramik Bergelombang pada Hunian, Gravel Tawarkan Solusi

Kepala Disnakertrans Jabar, Rachmat Taufik Garsadi menyebutkan bahwa pihaknya terus berupaya dalam mewujudkan misi meningkatkan fasilitas penempatan dan perluasan kesempatan kerja secara lebih intens untuk masyarakat Jabar dalam waktu cepat. 

“Sesuai dengan misi instansi, kami akan terus menekan tingkat pengangguran terbuka dengan melalui kerja sama dengan penyedia lapangan kerja baik dalam event besar (seperti job fair) ataupun event-event berskala menengah,” jelas Rachmat.

Karena itu, pada 2-3 Agustus 2023, Disnakertrans Jabar berkolaborasi dengan Gravel mengadakan Perekrutan Terbuka Mitra Gravel di Aula Arjuna Dinas Tenaga Kerja Jawa Barat. Gravel memiliki fokus kegiatan usaha menghubungkan para pencari dan penyedia tenaga kerja konstruksi dengan mudah, cepat, dan transparan melalui aplikasi Gravel. 

Co-founder dan CEO Gravel, Georgi Ferdwindra Putra mengungkapkan antusiasnya menjadikan Jabar sebagai wilayah prioritas Perekrutan Terbuka Mitra Gravel pada tahun 2023. Ia melihat besarnya potensi masyarakat yang memiliki pengalaman dan keterampilan dalam bidang konstruksi, namun belum terpublikasikan secara massal. 

Georgi dan pihaknya optimis kolaborasi tersebut mampu mendorong penyerapan tenaga kerja di area Jabar.

“… apalagi proyek konstruksi di Jabar yang semakin pesat, termasuk proyek-proyek Gravel. Kesempatan kerja bagi masyarakat Jabar di bidang konstruksi semakin terbuka lewat aplikasi Gravel Dulur," ujar Georgi pada acara Perekrutan Terbuka Mitra Gravel.

Melalui aplikasi Gravel Dulur, pencari kerja yang telah mendaftar sebagai mitra dapat mencari pekerjaan konstruksi sesuai keterampilannya, setidaknya 14 keterampilan konstruksi masuk dalam kategori pekerjaan di aplikasi tukang.

Baca Juga: 2 TPS di Buleleng Coblos Ulang untuk Pilpres, Prabowo-Gibran Perkasa!

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: