Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pesan Ridwan Kamil kepada Forum Jabar Sehat: Terapkan Empat Filosofi Sunda

Pesan Ridwan Kamil kepada Forum Jabar Sehat: Terapkan Empat Filosofi Sunda Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melantik Forum Jabar Sehat di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (7/8/2023).

Forum Jabar Sehat dibentuk melalui Keputusan Gubernur Nomor: 440.05/Kep.461-Kesra/2023 yang diketuai Atalia Praratya Ridwan Kamil. Forum Jabar Sehat berisi orang-orang berkompeten lintas bidang yang akan bertanggung jawab langsung ke Gubernur dengan tugas menjadikan kabupaten/kota sehat dari berbagai aspek.

Baca Juga: Usai Temui Jokowi, Gubernur Jabar Bakal Bangun Infrastruktur Cable Car

Kepada seluruh anggota Forum Jabar Sehat yang berasal dari berbagai profesi, Gubernur berpesan agar menerapkan empat filosofi Sunda untuk mencapai tujuan organisasi. Pertama, hade goreng ku basa yang artinya baik atau buruk bisa disampaikan dengan komunikasi dalam menyelesaikan permasalahan organisasi.

"Selesaikan dengan komunikasi, berdebat di ruangan setelahnya hargai perbedaan pendapat. Tong kukulutus (jangan ngedumel) di belakang," ujarnya.

Filosofi kedua, silih asih, silih asuh, silih asah, silih wawangi. Artinya, seseorang harus memahami perasaan orang lain dalam menyelesaikan masalah.

"Silih asah bukan silih soek (saling robek) ini kalimat dari Pak Cecep Padmadinata. Silih asih bukan silih sieuh (saling menjatuhkan), ciri-ciri silih asuh bukan silih siah (saling menjelekkan), dan silih wawangi," ungkapnya.

Filosofi ketiga, batu turun keusik naek (batu turun pasir naik). Artinya, dalam menjalani hidup harus penuh dengan kompromi. "Hidup itu harus kompromi, tidak bisa istri meminta semua gimana istri. Harus paham juga suami terbatasnya aya kacapek kitu tunggu dulu momen yang baik sebelum menyampaikan," katanya.

Filofofi keempat, caina herang laukna beunang (airnya bening ikannya dapat). Artinya, melakukan pencegahan dan memikirkan tindakan sebelum datangnya kekeruhan atau masalah. "Jadi lakukan empat filsafat ini dalam berkegiatan di Forum Sehat, insyaallah semua beres dengan semangat itu," kata Ridwan Kamil.

"Jangan tanya apa negara yang bisa berikan untuk Anda, tapi jadilah orang yang selalu bertanya apa yang bisa kita berikan untuk negara," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan ada sembilan kriteria kabupaten/kota sehat. Mulai dari sarana dasar, transportasi, permukiman, industri dan perkantoran, pariwisata, pertambangan, hutan, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan sosial.

Diharapkan, dengan kehadiran Forum Jabar Sehat, kabupaten/kota berbagai target kabupaten/kota sehat dapat diakselerasi.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: