Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Peran Public Relations Sangat Vital untuk Jaga Reputasi Perusahaan, Begini Strategi yang Bisa Dijalankan

Peran Public Relations Sangat Vital untuk Jaga Reputasi Perusahaan, Begini Strategi yang Bisa Dijalankan Kredit Foto: IHC
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peran public relations (PR) dalam menjaga reputasi perusahaan menjadi tantangan saat ini, terutama kepiawaiannya membentuk opini kepada publik tentang eksitensi perusahaan.

Sehingga, peran praktisi komunikasi turut berperan penting dalam membentuk opini publik. Karena, ada ethical communication yang dijalankan.

“Fungsi PR sebagai jembatan komunikasi di perusahaan berperan penting. Oleh karenanya, penting berkolaborasi dan bersinergi bersama-sama meningkatkan ekosistem perusahaan Indonesia,” ungkap Profesi praktisi komunikasi atau public relations (PR) Corporate Communication Manager PT Pertamina Bina Medika IHC, Fadhilah melalui keterangan pers Minggu (13/8/2023). 

Menurutnya, praktisi komunikasi perlu menyelaraskan strategi komunikasi, baik dari menyusun riset humas dalam organisasi hingga menentukan strategi komunikasi dari hasil riset tersebut. Kemudian, strategi diimplementasikan kepada stakeholders melalui beberapa taktik.

Lebih lanjut Fadhilah menuturkan bila corporate communications harus mampu memetakan stakeholders. Disamping itu corporate communications harus meningkatkan taktik dalam kerangka komunikasi. “Semua ini untuk mencapai objective komunikasi yang sudah ditetapkan di awal," tuturnya. 

Lulusan Magister komunikasi London school of Public Relations ini mengatakan kemampuan komunikasi perusahaan dalam memetakan stakeholders bervariasi dan meliputi unsur communication ethics setiap pemetaan pemangku kepentingan, 

Mulai dari mengklasifikasikan stakeholders prioritas seperti menentukan dormant, discretionary, dominant, depended hingga dangerous stakeholders.

“Jika korporasi bergerak di sektor perbankan, setiap komunikasi perusahaan dalam organisasi dapat mengklasifikasikan siapa yang menjadi power stakeholders," ujar wanita yang berpengalaman lebih dari 15 tahun di dunia komunikasi ini. 

Di sisi lain, fungsi komunikasi perusahaan harus mampu menentukan klasifikasi berdasarkan urgency stakeholders.

Tak dapat dipungkiri, rincinya lebih lanjut, tantangan PR dalam mempertahankan reputasi perusahaan beragam. Dia pun menyebut corporate communications perlu menjaga hubungan dengan stakeholders, mempersiapkan crisis center, dan mempersiapkan crisis communication plan sebagai mitigasi risiko. 

Fadhilah sebelum di Pertamina Group memulai karirnya di sektor perbankan dan asuransi hingga sektor pangan, diantaranya sebagai komunikasi perusahaan di Bumiputera Group mulai Maret 2005 hingga Desember 2015.

Tiga tahun di Kresna Financial Group periode Desember 2015 hingga Maret 2019, Kepala Departemen Humas Perum Perikanan Indonesia periode Maret 2019 hingga April 2021. April 2021 - Mei 2023 AVP Komunikasi dan Relasi Korporasi di PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) / Holding Pangan ID FOOD.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: