Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kembangkan UMKM, Hypermart Berdayakan Pelaku Usaha Lokal

Kembangkan UMKM, Hypermart Berdayakan Pelaku Usaha Lokal Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peran pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) amat penting bagi perekonomian Indonesia. Hal ini terlihat dari data Kementerian Koperasi dan UKM pada 2021, dimana dengan jumlah UMKM mencapai 64,2 juta mampu berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun.

Tak hanya itu, UMKM juga tercatat menyerap 97 persen lapangan kerja dari total tenaga kerja yang ada atau sekitar 117 juta pekerja. Adapun dari total 64,2 UMKM, sebanyak 60 persen bergerak di bidang makanan. Untuk meningkatkan peran serta dan eksistensi UMKM, Hypermart turut memberikan kontribusinya dengan mengembangkan gerai bagi UMKM serta bekerja sama dengan para pelaku usaha lokal.

Direktur Operasional PT Matahari Putra Prima Tbk, Roy Atmadja mengatakan, Hypermart selain fokus pada bisnis utamanya hingga kini tetap konsisten mewujudkan komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan komunitas yang mana salah satunya untuk terus mendukung UMKM. Baca Juga: Strategi Hypernet Lekatkan Diri dengan UMKM: Mereka Lebih Kepo

“Dalam mewujudkan kesejahteraan komunitas, saat ini Hypermart terus melakukan kerjasama dengan pelaku usaha lokal dan memberikan kesempatan bagi mereka dengan memberikan fasilitas saluran penjualan yang lebih luas. Untuk hal itu, kami menyediakan area yang dapat dipergunakan oleh mereka dalam menjual produk produknya di toko kami sehingga menambah variasi produk makanan di area “BAKEMART” ini. Dari mulai makanan kering hingga makanan basah semua sudah lengkap di area Bakery Hypermart," ujar Roy Atmadja dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (18/8/2023).

"Dengan adanya upaya keberlangsungan komunitas ini, Hypermart berharap dapat bersama sama dengan berbagai komunitas untuk memajukan produk buatan lokal dengan kualitas yang terbaik," tambahnya.

Adapun dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI yang ke-78,  Hypermart melalui BAKEMART menyelenggarakan kegiatan merangkai donat terpanjang di 128 jaringan supermaketnya. Dimana donat merupakan salah satu produk “Must Have Item” yang di produksi sendiri dan didistribusikan juga ke semua jaringan retail supermarket PT Matahari Putra Prima, tbk (Hypermart, Primo, FMX, Foodmart dan Hyfresh).

“Pada kesempatan kemerdekaan ini, secara serentak 128 toko kami dari timur sampai ke barat akan mendisplay donat kemerdekaan sepanjang 7,8 M untuk masing masing toko, jadi jika dirangkai bersama bisa mencapai panjang satu (1) KM. Acara ini merupakan kali kedua kami lakukan di toko toko kami, selain dapat memeriahkan kemerdekaan momen ini juga dapat menjadi aktualisasi bagi tim “BAKEMART” untuk bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas," jelasnya.

Roy menambahkan, sebagai perusahaan yang memiiki garai dari Barat (Binjai) hingga Timur (papua)  di Indonesia ingin merangkai kesatuan pulau-pulau yang ada di Indonesia yang merepresentasikan dengan bakery (donat). "Donat merupakan satu bentuk yang bulat yang memiliki arti tidak berkesudahan. Kami berharap dengan simbol ini kami dapat membantu negara Indonesia dalam mengisi kemerdekaan melalui resources yang kami miliki,” katanya. Baca Juga: Dorong E-commerce Majukan UMKM Dalam Negeri, Zulhas Tegaskan Komitmen Kebijakan Perdagangan Elektronik

”Kami juga membantu UMKM (komunitas) dengan mengembangkan gerai bagi UMKM. Terlihat kami mengundang customer, komunitas dan masyarakat sekitar. Jadi ide pada hari Kemerdekaan RI ke-78 ini adalah menyatukan Indonesia melalui makanan yang dikonsumsi setiap hari oleh manusia. Kami berharap produk kami yang sehat dapat membantu memberikan inspirasi untuk semangat Kemerdekaan Indonesia,” tutup Roy.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: