Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Enam Tahun Berkiprah di Indonesia, Simak Strategi Sukses Wuling Kalahkan Para Pesaing

Enam Tahun Berkiprah di Indonesia, Simak Strategi Sukses Wuling Kalahkan Para Pesaing Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai pendatang baru, kehadiran Wuling dalam memasuki industri otomotif Indonesia sangat mencolok. Wuling Air EV berhasil menjadi mobil listrik paling diminati di Indonesia pada tahun 2022. 

Kendaraan yang diproduksi oleh Wuling kini telah melimpah ruah di jalanan Ibu Kota Jakarta. Nampaknya, perusahaan otomotif yang sudah lama beroperasi harus mewaspadai strategi dan inovasi Wuling yang berpotensi menggerus pangsa pasaran mereka. Lalu, bagaimana strategi sukses Wuling dalam mengalahkan para pesaingnya?

Dian Asmahani, Direktur Brand dan Marketing Wuling Motors Indonesia, menjelaskan bahwa keberhasilan Wuling dalam meraih popularitas yang besar di Indonesia tidak lepas dari nilai inti yang diterapkan perusahaan ini, yaitu listen, understand, and create for Indonesia. Itu adalah prinsip dasar yang membimbing Wuling dalam memahami kebutuhan dan kebiasaan unik dari pasar otomotif Indonesia.

Baca Juga: Jadi Mobil Listrik Terlaris, Berikut Kiprah Wuling Air EV

“Satu hal yang ketika kita masuk ke Indonesia itu kita bahwa spirit listen, understand, and create for Indonesia,” tegas Dian, dikutip dari kanal Youtube Dr Indrawan Nugroho pada Rabu (30/8/2023).

Salah satu kunci dalam strategi Wuling adalah mendengarkan dengan seksama dan memahami apa yang diinginkan pasar Indonesia. Dalam budaya di Indonesia, mobil bukan sekadar alat transportasi, tetapi juga menjadi simbol keluarga dan kenyamanan.

Wuling memahami hal ini dan meresponsnya dengan merancang produk-produk yang dapat digunakan oleh keluarga dalam perjalanan jarak jauh maupun sehari-hari. Produk seperti MPV dan Confero, yang dirancang dengan baik oleh Wuling, telah menciptakan pengalaman seperti berada di dalam rumah bagi para pengendara.

“Memang Wuling itu lini produknya juga cukup banyak, jadi kita benar-benar ingin tahu produk yang sesuai dengan market Indonesia itu seperti produk apa, dan pastinya karena kita punya base value yang memang kita selalu bawa di company kita adalah learning dan innovation. Innovasi itu selalu menjadi DNA kita,” tambah Dian.

Dian mengatakan, meskipun semua produk Wuling diproduksi di China, perusahaan ini berhasil mengubah fitur-fitur produk yang sesuai dengan kecocokan di pasar Indonesia. Contohnya adalah produk unggulan mereka, Almaz, yang dilengkapi dengan fitur voice command dalam bahasa Indonesia.

Ini menjadikan Almaz sebagai satu-satunya produk di pasaran Indonesia yang memiliki voice command dalam bahasa Indonesia.

“Itu salah satu wujud kita listen, understand, and create for Indonesia. WIND atau Wuling Indonesian Voice Command itu memang dibuat untuk market Indonesia, jadi untuk produk-produk yang mempunyai fitur voice command sudah dalam bahasa Indonesia semua,” jelasnya. 

Sebagai informasi, fitur inovatif WIND memungkinkan pengendara untuk memberikan perintah kepada mobil hanya dengan menggunakan suara, menciptakan pengalaman mengemudi yang lebih aman dan lebih nyaman.

Baca Juga: Tantangan Kendaraan Listrik: Mengapa Solusi Ini Tak Efektif Atasi Polusi Udara?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nevriza Wahyu Utami
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: