Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng UMKM, Tandamata Indonesia Fokus Garap Pasar ‘Custom Gift’

Gandeng UMKM, Tandamata Indonesia Fokus Garap Pasar ‘Custom Gift’ Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Selama 6 tahun berdiri Tandamata Indonesia dikenal sebagai e-commerce pasar kado online. Untuk semakin memperluas pasar, perusahaan yang bediri sejak tahun 2017 ini mulai fokus masuk ke pasar custom gift, baik untuk perseorangan maupun bersifat corporate atau business to business.

Jeffery Hutagalung, Co Founder Tandamata Indonesia mengatakan pasar custom gift ini merupakan pengembangan dari produk yang ada di tandamata store, tetapi memiliki sifat yang lebih personal dan dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan masing-masing customer.

Tandamata Store sendiri bermula dari sebuah bazar offline Pasar Kado hingga akhirnya resmi diluncurkan pada 20 Maret 2017. Saat awal memulai Jeffery menggandeng para rekan dan sahabatnya yang memiliki usaha untuk kemudian bergabung menjadi mitra di Tandamata Indonesia.

“Pada awalnya saya mengadakan Bazar Pasar Kado dan mengajak teman-teman umkm yang saya kenal sekaligus memperkenalkan tandamata Indonesia akhirnya di tahun pertama kami berhasil mengajak 100 umkm untuk bergabung,” ujar Jeffery dalam keterangan media, Kamis (31/8/2023). 

Terdapat sejumlah kategori yang ditawarkan di commerce tandamata mulai dari produk fesyen, makanan dan minuman, pakaian muslim, produk aksesoris, mainan anak, bunga dan tanaman, hampers, produk interior dan lain sebagainya.

“Produk-produk yang ada di sini, sudah terkurasi semua sehingga dijamin memiliki kualitas, rasa, dan bahan yang terbaik sehingga pembeli ngga akan mendapatkan produk yang tidak berkualitas,” ujarnya.

Namun seiring perkembangannya, permintaan terhadap produk custom gift atau goodiebag yang bersifat personal makin meningkat, baik untuk perayaan ulang tahun maupun momen special lainnya. “Dari situ kami melihat bahwa peluang ini bisa diaplikasikan juga untuk ke korporasi,” terangnya.

Menurutnya, peluang untuk masuk ke korporasi atau perusahaan terbilang cukup besar, baik dari sisi potensi jumlah maupun konsistensi perusahaan dalam memberikan gift kepada para klien atau customer mereka.

Adapun beberapa produk yang ditawarkan oleh Tandamata Indonesia untuk custom gift ini antara lain tumbler, tote bag, mug, serta berbagai produk lainnya, dimana saat ini tumbler menjadi salah satu produk paling best seller.

Seluruh produk tersebut dapat dicustomize sesuai dengan keinginan klien serta akan dikemas secara  rapi, diberi kartu ucapan manis dari klien yang sifatnya lebih personal, serta akan disertakan label perusahaan sehingga secara tidak langsung dapat sekaligus untuk branding perusahaan.

“Barang-barang custom gift tersebut dibuat oleh vendor-vendor UMKM yang sudah ada di Tandamata Indonesia,” jelasnya.

Meski terbilang masih baru, nyatanya permintaan untuk custom gift ini terbilang cukup besar dengan potensi pasar yang menjanjikan. Adapun beberapa perusahaan yang sudah menjadi kliennya antara lain  Siloam Group, RS Medistra, Amazon AWS Indonesia, dan berbagai perusahaan nasional maupun multinasional lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: