Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Indonesia Hadiri Peringatan HUT ke-66 Malaysia, Ingin Perkuat Hubungan Bilateral

Pemerintah Indonesia Hadiri Peringatan HUT ke-66 Malaysia, Ingin Perkuat Hubungan Bilateral Kredit Foto: Kemenaker
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mewakili Pemerintah Indonesia dan seluruh Rakyat Indonesia menyampaikan ucapan Selamat Hari Kebangsaan Malaysia ke-66 bagi seluruh Rakyat Malaysia. 

Ida menuturkan, pada peringatan Hari Kebangsaan Malaysia tahun ini, tersirat harapan dan doa yang tulus agar Malaysia, para Pemimpin Malaysia, dan Rakyat Malaysia mendapat pelindungan dan rahmat dari Tuhan.

"Semoga bangsa dan negara Malaysia dapat selalu damai dan sejahtera, serta aman sentosa," kata Ida, saat mewakili Pemerintah Indonesia menyampaikan sambutan pada acara 66th National Day of Malaysia, di Jakarta, kemarin, dikutip (1/9/2023). 

Melalui sambutannya, Ida mengatakan bahwa selama ini Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan yang erat. 

Dalam bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi, Malaysia merupakan partner perdagangan terbesar kedua Indonesia, dengan jumlah investasi ke-5 di tahun 2022 di ASEAN. 

Dalam bidang sub-regional, kedua negara juga aktif bekerja sama di bawah mekanisme Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA). 

Komitmen penguatan hubungan kedua negara juga terlihat dari kunjungan di tingkat Kepala Negara. Pada Januari 2023, Perdana Menteri Dato’ Seri Haji Anwar bin Ibrahim, melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. 

"Kunjungan tersebut merupakan pertemuan yang sukses, dan kedua Kepala Negara menyetujui untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, serta berkomitmen untuk menyelesaikan beberapa masalah perbatasan kedua negara," ujar Ida. 

Sementara kunjungan Presiden RI, Joko Widodo, di Putrajaya pada Juni 2023 lalu, menjadi momentum penandatanganan beberapa perjanjian dan MoU kerja sama, di antaranya perjanjian batas maritim di sebagian segmen; perjanjian di wilayah perbatasan Sabah, Sarawak dan Kalimantan, yaitu Border Crossing Agreement (BCA) dan Border Trade Agreement (BTA); serta kerja sama pengakuan Sertfikasi Halal dan kerja sama promosi investasi. 

"Saya percaya bahwa di masa yang penuh dinamika dan tantangan ini, hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia tetap kuat dan dengan didukung komitmen bersama untuk lebih meningkatkan kerja sama di berbagai bidang," pungkasnya.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: