Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Soal Hasil Diskusi KTT ASEAN: Cina, Jepang dan Korea Dukung Pengembangan Ekosistem EV

Jokowi Soal Hasil Diskusi KTT ASEAN: Cina, Jepang dan Korea Dukung Pengembangan Ekosistem EV Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa China, Jepang dan Korea siap mendukung penuh pengembangan ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV), dari hasil pertemuan ASEAN dengan negara top di Asia tersebut.

"Alhamdulillah kita berhasil mencapai untuk pengembangan end-to-end ekosistem EV yang didukung penuh oleh RRT, Jepang, dan Korea," ungkap Jokowi, dalam konferensi pers usai, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Soal Efek Keketuaan Indonesia: ASEAN Tetap Damai Meski Dunia Sedang Konflik!

Hal tersebut Jokowi sampaikan dalam konferensi pers usai upacara penutupan KTT ASEAN ke-43 yang berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

Tak sampai di situ, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia dan ASEAN juga terus menyuarakan kepentingan negara-negara Pasifik.

"Termasuk, kepentingan negara berkembang dan hak untuk menyejahterakan rakyatnya melalui hilirisasi industri," sambungnya.

Setelah melalui proses yang panjang dan sulit, Jokowi berujar, akhirnya ASEAN berhasil menyepakati EAS Leaders' Joint Statement mengenai epicentrum of growth. 

Baca Juga: Setelah QRIS Beroperasi di Empat Negara ASEAN, Lalu Akan di Mana Lagi?

"Sekali lagi, ini bukan proses yang mudah. Tarik menarik geopolitik yang sangat kental mengingatkan saya seperti saat G20 di Bali. Tapi alhamdulillah konsensus tercapai," jelasnya.

Baca Juga: TKD Prabowo-Gibran Kalem meski Unggul di Bali, De Gadjah: Biar Ngga Ada Ricuh

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: