Sekilas Fitur GoRide Transit dalam Aplikasi Gojek, Mudahkan Penumpang Akses Transportasi Umum
Penyedia layanan transportasi on-demand naungan GoTo Group, Gojek, meluncurkan fitur GoRide Transit untuk pelanggan dan pengguna transportasi umum di Jakarta pada Jumat (29/9/2023). Apa itu GoRide Transit dan bagaimana mengaksesnya?
GoRide Transit adalah sebuah solusi layanan multimoda pertama di dunia yang mengintegrasikan layanan transportasi online atau ride-hailing dengan transportasi publik dalam satu transaksi.
GoRide Transit dapat diakses melalui aplikasi Gojek. Di beranda Gojek, tertera fitur GoTransit sebagai bagian dari fitur “Bepergian dan Pengiriman” di aplikasi Gojek.
Baca Juga: GoJek Ungkap Tantangan Implementasi GoRide Transit di Stasiun KRL Jabodetabek, Apa Tanggapannya?
Lantas, bagaimana cara kerja GoRide Transit atau GoTransit? GoRide Transit menghadirkan integrasi menyeluruh antara layanan ride-hailing dengan transportasi publik, baik itu KRL Commuterline Jabodetabek dan Jogja-Solo, TransJakarta maupun angkutan umum (angkot).
Pertama, pelanggan dapat memesan GoRide dalam aplikasi Gojek menuju stasiun KRL terdekat. Kedua, pelanggan membeli tiket KRL dan ketiga, melanjutkan perjalanan dari stasiun ke tujuan akhir dengan GoRide.
Hingga saat ini, GoRide Transit yang dibarengi dengan Shelter GoRide Instant tersebut telah melayani pengguna di 82 stasiun KRL Commuterline Jabodetabek, dan juga melayani pelanggan di KRL Jogja-Solo.
Lantas, apa manfaat menggunakan layanan GoRide Transit? Terdapat 3L manfaat yang dirasakan pelanggan, yakni lebih hemat, lebih cepat, dan lebih mudah.
Pertama, pelanggan dapat menghemat biaya perjalanan untuk perjalanan jauh dari wilayah suburban, seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, menuju pusat bisnis di Jakarta atau sebaliknya. Penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (Pustral UGM) mengungkapkan, pengguna yang menggunakan fitur ini dapat menghemat 27% per perjalanan. Di samping itu, pelanggan dapat memasukkan kode promo yang tersemat dalam aplikasi Gojek untuk mengakses fitur tersebut.
Kedua, pelanggan dapat lebih cepat memesan GoRide untuk transportasi secara first-mile dan last-mile sekaligus memesan tiket KRL dalam satu transaksi dengan fitur pembayaran GoPay. Penelitian Pustral UGM mengungkapkan, layanan ini dapat mempercepat waktu tempuh perjalanan sebesar 15% dibanding sebelum menggunakan GoRide Transit.
Ketiga, pelanggan juga dapat lebih mudah mengakses GoRide Transit dalam satu aplikasi dan satu transaksi. Di samping dapat mengakses fitur GoPay sebagai pembayaran non-tunai, pelanggan dapat mengakses panduan perjalanan untuk mengetahui informasi estimasi waktu perjalanan, rekomendasi rute dan lokasi stasiun yang dilalui, dan panduan mengakses layanan last-mile GoRide.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait:
Advertisement