Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementrian ESDM Siap Kolaborasi dengan Stakeholder untuk Capai NZE

Kementrian ESDM Siap Kolaborasi dengan Stakeholder untuk Capai NZE Kredit Foto: Unsplash/Noel Pranoto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Andriah Feby Misna, mengatakan Pemerintah siap berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi energi terbarukan dan sumber daya manusia di Indonesia.

"Kami dari sisi Pemerintah tentunya sangat komit dan siap untuk berkolaborasi dengan para stakeholder untuk bisa mengembangkan dan memaksimalkan potensi dan sumber daya energi baru terbarukan maupun SDM untuk menyukseskan transisi energi yang sudah dicanangkan." ujar Feby dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (16/10/2023).

Feby menyebut, pemerintah juga mendorong dan mendukung upaya transisi energi dan pengembangan energi baru terbarukan. 

Baca Juga: Wujudkan NZE di 2050, BTPN Serius Implementasikan Dekarbonisasi

Tentunya hal ini perlu peran aktif dari industri dan sektor swasta. Dengan kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak, transisi energi di Indonesia dapat berjalan secara adil dan berkelanjutan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Kita menyaksikan antusiasme para pemangku kepentingan pada energi baru dan terbarukan (EBT), dan bagaimana EBT dapat berkontribusi pada dekarbonisasi pada sektor lain, seperti pertanian dan perikanan, khususnya pada daerah rural. Kita juga menyaksikan bagaimana EBT berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Kami juga mengajak sektor swasta untuk dapat berperan pada pengembangan EBT di pulau-pulau kecil," ujarnya. 

Feby menyebut, kebijakan baru memberikan sinyal poisitif untuk investasi energi terbarukan di tahun yang akan mendatang, namun penyempurnaan regulasi masih harus dilakukan agar nantinya dapat mempercepat upaya transisi energi. 

Dimana, pengembangan kapasitas dan kepedulian dalam memajukan dan mengembangkan daerah terpencil juga menjadi konsentrasi pemerintah.

"Ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk kita terus mendorong kapasitas rekan muda dan rekan kita yang ada di daerah terpencil serta memotivasi pemuda untuk dapat ikut serta terlibat dalam kegiatan transisi energi di daerah-daerah," ucapnya. 

Baca Juga: Memanfaatkan Hutan Luas, Bursa Karbon Merupakan Upaya Mencapai NZE

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: