Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waspadai Perubahan Iklim, Wakil Sri Mulyani: Negara Rawat Bumi Pakai Uang Rakyat

Waspadai Perubahan Iklim, Wakil Sri Mulyani: Negara Rawat Bumi Pakai Uang Rakyat Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan bahwa salah satu tujuan negara adalah peduli dengan lingkungan. Dengan tujuan ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai pengelola keuangan negara harus memikirkan peran APBN untuk merawat bumi.

“Maka itu kita memang harusnya berpikir kalau misalkan kita punya mengumpulkan uang negara kita, kumpulkan uang pajak kita, kumpulkan uang penerimaan dari kepabeanan cukai, penerimaan bukan pajak, itu kan uang negara yang kita kumpulkan dari rakyat. Kalau kita mengumpulkan itu, terus kemudian kita pakai buat apa? Berapa yang kita pakai buat merawat bumi kita?,” ungkap Suahasil, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: Staf Ahli Kemenkeu Sebut Perang Israel-Palestina, Apa Dampaknya ke Indonesia?

Ada pun hal tersebut dia sampaikan dalam rangkaian peringatan Hari Oeang ke-77 Tahun 2023, pada Seminar Kemenkeu Peduli Bumi, di Aula Mezanine Gedung Juanda I, Jakarta. 

Wakil Sri Mulyani itu melanjutkan, instrumen APBN telah dipakai untuk merawat bumi atau terkait dengan isu perubahan iklim. 

Dari sisi belanja negara, Pemerintah telah melakukan kebijakan penandaan anggaran/budget tagging di Kementerian/Lembaga terkait dan Pemerintah Daerah untuk memitigasi dan beradaptasi terhadap lingkungan hidup. Kebijakan ini dilakukan sejak tahun 2016.

Kemudian dari sisi pembiayaan, Pemerintah berinovasi dengan menerbitkan green sukuk sejak tahun 2018. Pembiayaan yang didapat ini digunakan untuk membiayai pembangunan yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Sri Mulyani Curhat ke WTO: Dominasi E-Commerce Jadi Tantangan UMKM Indonesia

“Kalau kita akan melakukan pembiayaan untuk keperluan green mesti ditunjukin yang mana green-nya Indonesia. Mesti ditunjukkan yang mana proyek yang mau dibiayai,” jelasnya.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: