Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Merek Populer di Indonesia, Ini Alasan Brand H&M Disukai Banyak Orang

Jadi Merek Populer di Indonesia, Ini Alasan Brand H&M Disukai Banyak Orang Kredit Foto: Unsplash/ Fernand De Canne
Warta Ekonomi, Jakarta -

Siapa yang tak kenal dengan brand fashion H&M? Yup, brand ini merupakan salah satu raksasa perancang fashion yang berasal dari Swedia. Beberapa produk yang dikeluarkan pun disukai banyak orang dengan berbagai usia.

Lantas apa alasan yang membuat H&M disukai masyarakat? H&M dikenal masyarakat karena gaya fashion-nya yang tepat atau sesuai dengan fashion pria dan wanita saat ini, remaja maupun anak-anak. Bagi yang mengenal brand H&M pasti tahu betul bahwa produk yang dijualnya selalu mengikuti jaman.

Bukan saja memproduksi pakaian, H&M pun memproduksi berbagai aksesoris pendukung. Bahkan H&M juga menawarkan produk-produk seperti sepatu, tas, produk kecantikan dan juga menjual aksesoris rumah tangga.

Salah satu faktor yang membuat fashion H&M ini disukai karena mudah di mix and match dengan produk terkenal lainnya. Kamu bisa mencocok brand H&M dengan sepatu Adidas sehingga kamu bisa tampil memukai banyak orang.

Setelah mengetahui brand H&M, lantas apa yang berkontribusi terhadap kesuksesan H&M? Banyak yang bisa dibahas kenapa H&M bisa sukses, dari sisi strategi produk, strategi penetapan harga, dan strategi dukungan H&M, dan faktor lainnya.

1.Merchandise Plan

Strategi merchandising adalah proses seleksi, pembelian, display dan penjualan, namun dalam kasus H&M hanya mencakup seleksi, display dan penjualan. Pada bagian seleksi, H&M sudah menawarkan produk berbeda untuk pria dan wanita serta anak-anak dan orang dewasa. 

Untuk presentasi, H&M hadir dengan tata letak toko yang sederhana dan informatif di mana di depan tokonya mereka banyak memajang pakaian dan desainnya sendiri. Serta informasi pemasaran, karena interiornya memiliki sistem sirkulasi yang sederhana dan bebas.

2.Strategi Harga 

Untuk strategi penetapan harga H&M dengan produk yang berfokus pada kebutuhan pelanggan, strategi penetapan harga yang mereka gunakan adalah high fashion dengan harga murah. 

Untuk menerapkan dan mengelola strategi ini, H&M menggunakan outsourcing ke negara lain untuk mengurangi biaya tenaga kerja dan menjaga produksi tetap dekat dengan target pasar, misalnya dengan menempatkan fasilitas manufaktur berkualitas tinggi di pasar domestik dengan permintaan tinggi, seperti Eropa, sehingga dapat mengurangi waktu transit dan risiko pengiriman. 

3.Strategi Promosi 

Strategi promosi H&M berupa iklan televisi, pemasaran digital, promosi, diskon, sponsorship dan tidak hanya itu saja, H&M juga memiliki channel YouTube sendiri dan mengundang para fashion blogger untuk mengulas produknya.  

Selain toko retail offline, H&M juga memiliki toko online berupa website yang menyediakan berbagai macam produk, dengan desain sederhana dan akses mudah bagi masyarakat pemasaran online. Berita terbaru dari H&M dan juga memberikan informasi tentang diskon bagus di toko online dan offline.

Itulah beberapa alasan brand H&M bisa menjadi sukses menguasai pasar dunia. Meski demikian, produk H&M juga memiliki beberapa keunggulan yang menjadi salah satu alasan H&M disukai banyak orang diantaranya adalah:

1.Kualitas nomor satu 

Hadir di pasar fashion sejak tahun 1947, H&M selalu mengutamakan kualitas produknya. Tak hanya itu, H&M juga menjaga kualitas dalam gaya. Kedua faktor inilah yang menjadikan H&M memiliki penggemar setia yang membeli dan menantikan produk terbaru H&M.

2.Produk yang berbeda 

Menjadi ahli di industri fashion, H&M menawarkan beragam produk. Mulai dari atasan, bawahan, sepatu hingga tas. Selain itu, semuanya ditawarkan untuk pria, wanita, dan anak-anak dengan berbagai gaya dan tema mulai dari T-shirt, jumpsuit, celana, rok, kemeja dan masih banyak lagi. 

3. Dikenal sebagai brand ekslusif 

Karena tetap menjaga kualitas di nomor 1, H&M dikenal sebagai merek yang ekslusif meski tidak tergolong merek mewah di dunia. Meski tidak dikenal sebagai merek mewah, H&M berhasil meraih penghargaan Merek Global terbaik dan mengalahkan merek-merek mewah seperti Gucci, Burberry, dan Hermes. 

Selain itu, H&M juga menjadi salah satu brand fashion yang dikenakan oleh para model ternama di runway. Oleh karena itu, memakai produk ini memberikan rasa bangga tersendiri bagi pemiliknya. 

4. H&M memiliki toko online di pasar 

H& M juga menawarkan layanan belanja online di berbagai pasar di Indonesia untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Kamu bisa memesan produk ini melalui e-commerce dan marketplace, atau bisa juga menggunakan jasa pengiriman dengan tambahan biaya ongkos kirim. 

Munculnya berbagai toko membantu para pecinta fashion atau penggemar brand untuk mendapatkan produk idamannya, dan juga membantu toko tersebut mendapatkan lebih banyak penjualan. Barang dapat dibeli di website resmi H&M di www.id.hm.com 

5. Ada tren fast fashion 

Bagi yang sudah familiar dengan yang pertama, fast fashion adalah suatu metode penjualan koleksi fashion dengan harga murah yang mengikuti tren pasar dan diproduksi dengan lead time yang singkat serta harga yang lebih rendah dari konsumen. 

Sistem pemasaran baru ini mendobrak sistem pemasaran lama dari waktu ke waktu, itulah sebabnya perubahan dilakukan setiap 6 bulan.

6.Desain yang elegan

Bukan rahasia lagi kalau brand H&M menawarkan desain yang keren di banyak produknya. Selain itu, H&M juga menawarkan segala jenis produk yang dapat dikenakan oleh semua orang, termasuk segala usia, ras, dan tipe tubuh, hingga fesyen unisex atau fesyen netral yang lebih banyak dikenakan oleh pria dibandingkan wanita.

7. Selalu ada sale

Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk mengunjungi toko offline H&M, lebih baik kunjungi toko online, karena di sana kamu  selalu bisa berbelanja dengan informasi untuk dijual. Penjualan tersedia di website. Bahkan dengan 50 ribu saja kamu sudah bisa membeli T-shirt H&M di website resminya.

8. Ada konser khusus oleh karyawan H&M setiap pembukaan 

Ada yang menarik dari H&M, setiap membuka toko baru, para karyawan menari di depan toko untuk menarik perhatian calon pelanggan sebelum upacara pemotongan pita.

9.Masuknya H&M di Indonesia 

H&M mulai memasuki pasar Indonesia sejak Stefan Persson memperluas operasi perusahaannya di Indonesia pada tahun 2013. Peluncuran H&M pertama dibuka di Gandaria City, Jakarta. Pada hari pertama pembukaan toko H&M, terlihat antusiasme pecinta fashion di Indonesia sangat tinggi. 

Terbukti, di hari ini lebih dari 1.500 orang siap antri di depan toko H&M untuk membeli pakaian merek favoritnya dengan harga spesial dan kartu hadiah spesial.

Baca Juga: Kemenkop-UKM Gelar Temu Nasional Percepat Indonesia sebagai Pusat Modest Fashion Dunia

10.Bergabunglah dengan selebriti global untuk promosi 

Sebagai salah satu brand ternama di dunia, menjalin kerja sama dengan negara ternama bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan H&M. Pada tahun 2007 sendiri, H&M tercatat berkolaborasi dengan dua selebriti ternama, yakni Madonna dan Kylie Minogue. 

Selain menjual beragam fashion, siapa sangka H&M kini juga melebarkan sayapnya dengan menjual perlengkapan rumah tangga?

Tepatnya pada tahun 2008, perusahaan ini mendirikan H&M HOME sebagai perusahaan H&M yang khusus menjual aksesoris rumah mulai dari perlengkapan pokok hingga kamar tidur, dapur, ruang tamu, dan kamar mandi. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: