Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Isuzu Fujisawa Plant, Harmoni Manusia dan Teknologi Industri

Isuzu Fujisawa Plant, Harmoni Manusia dan Teknologi Industri Kredit Foto: Muhamad Ihsan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pabrik Isuzu – Fujisawa Plant menjadi bukti harmoni antara sumber daya manusia dengan teknologi, hal ini disaksikan langsung oleh Warta Ekonomi di Fujisawa-Shi, Kanawaga, Jepang dalam rangka Media Trip Isuzu to Japan Mobility Show (JMS) 2023.

Beroperasi sejak 1962, Isuzu Fujisawa Plant konsisten memproduksi kendaraan light, medium hingga heavy-duty truck dengan teknologi canggih, demi menghasilkan produk berkulitas sekaligus ramah lingkungan.

Baca Juga: Buktikan Komitmen, Astra Kembali Jawab Tantangan Industri Otomotif di JMS 2023

Fasilitas Riset riset (Research and Development/R&D) Isuzu telah menjadi tempat kelahiran sejumlah inovasi, gagasan hingga masa depan yang telah dirasakan oleh lebih dari ratusan negara di dunia. 150 negara setidaknya telah merasakan produk unggulan dari Isuzu.

300.000 unit produksi telah lahir sepanjang tahun 2022. Capaian tersebut diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini didorong oleh sinergi antara penggunaan teknologi dan sumber dayamanusia yang semakin optimal dalam Isuzu Fujisawa Plant.

Misalnya penggunaan robot pada salah satu proses produksi yaitu welding, proses inisemakin presisi dan optimal dengan penggunaan teknologi berupa artificial intelligence (AI). Namun untuk memberikan kualitas yang prima, tangan terampil dan kejelian sumber daya manusia tetap diperlukan terutama pada proses produksi seperti final assembly dan inspection.

Adapun demi menjamin kualitas kerja dari pekerja yang baik, Isuzu memiliki nilai yang disebut dengan Isuzu Monozukuri (IM). Melalui nilai ini, setiap pekerja Isuzu memiliki mindset bahwa dalam proses produksi, tidak ada satu pun langkah atau tindakan yang berisiko menghasilkan cacat produksi atau defect.

Tak heran, Perusahaan telah dipercaya oleh berbagai elemen masyarakat sebagai salah satu pengembang industry kendaraan lebih dari satu abad lamanya. Sejarah mencatat, Perusahaan ini awal mulanya merupakan perusahaan galangan kapal yang kemudian bermitra dengan berbagai perusahaan. Yaitu Tokyo Ishikawajima Ship-Building dan Engineering Co., Ltd. Serta Tokyo Gas and Electric Industrial Co., merupakan perusahaan pendahulu Isuzu, yang memulai rencana untuk membuat kendaraan.

Baca Juga: Rangga Concept, Kreasi Indonesia untuk Dunia

Produk pertama yang diproduksi di dalam negeri, adalah Wolseley Model A9, lalu berhasil membuat mesin diesel model DA4 dan DA6 yang legendaris. Seluruh warisan Isuzu juga bisa dinikmati di Museum Isuzu yang disebut Plaza Isuzu. Lokasinya masih di satu kawasan dengan Fujisawa Plant.

Penulis: Aldi Ginastiar
Laporan: Muhamad Ihsan

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Aldi Ginastiar
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: