Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bareng Dubes Singapura, Budi Arie Diskusi Kerja Sama Ekonomi Digital

Bareng Dubes Singapura, Budi Arie Diskusi Kerja Sama Ekonomi Digital Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menerima kunjungan Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng. Dalam pertemuan itu, Menteri Budi Arie membahas kelanjutan kerja sama ekonomi digital sesuai dengan kerangka kerja sama ASEAN Digital Ministerial Meeting (ADMM).

“Menindaklanjuti bilateral meeting sebelumnya antarkedua negara, ada beberapa agenda penting mengenai pertemuan ASEAN Digital Minister Meeting tahun depan. Oleh karena itu, kami membahas kerja sama yang saling menguntungkan sebagai negara Anggota ASEAN,” ungkapnya saat memberikan keterangan kepada pekerja media usai pertemuan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga: Soal Konten Hoaks Pemilu, Budi Arie: Menyasar ke Prabowo, Ganjar, hingga Anies

Menteri Budi Arie menilai peluang kerja sama di bidang ekonomi digial sangat besar karena ASEAN diprediksi memiliki peluang perkembangan ekonomi digital mencapai lebih dari Rp20 Triliun pada tahun 2030 mendatang. Menurut Menkominfo, lompatan ekonomi digital akan membawa dampak yang luar biasa bagi kemajuan Indonesia dan Singapura serta seluruh negara ASEAN.

“Digital economy ini kan adalah keniscayaan. Jadi ada beberapa isu misalnya tentang pelindungan data pribadi juga keamanan data dan pengembangan ekonomi digital,” tuturnya.

Menkominfo menjelaskan salah satu pembahasan dengan Dubes Singapura untuk Indonesia berkaitan dengan penanganan konten negatif di ruang digital. Menurutnya, Singapura telah mengembangkan identifikasi, verifikasi dan pemberian penjelasan kepada masyarakat dengan detil.

“Kita juga belajar dari Singapura bagaimana tidak asal melakukan takedown konten negatif. Tapi juga menyampaikan penjelasan kepada warganya. Meski di Indonesia untuk menjelaskan kepada sekitar 280 juta penduduk itu challenging kalau di sini,” tuturnya.

Baca Juga: Jelang Pemilu, Budi Arie Sebut Facebook Jadi Sarang Hoaks dan Disinformasi

Sementara itu, Duta Besar Singapura Kwok Fook Seng mengapresiasi pertemuan yang berlangsung sesuai arahan dari Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura Josephine Theo.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: