Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mitra Adiperkasa Catatkan Pertumbuhan Pendapatan dan Laba pada Q3-2023

Mitra Adiperkasa Catatkan Pertumbuhan Pendapatan dan Laba pada Q3-2023 Kredit Foto: MAP.
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), peritel multi-channel branded commerce terkemuka di Indonesia, baru saja mengumumkan pertumbuhan kinerja dan laba bersih untuk periode sembilan bulan pertama di tahun 2023. Laporan keuangan menunjukkan momentum yang stabil pada sebagian besar unit bisnis perusahaan. 

Sepanjang kuartal ketiga tahun ini, pendapatan bersih Mitra Adiperkasa tumbuh 26,4% menjadi Rp23,8 triliun, dengan margin laba kotor yang turut meningkat menjadi 45,6%. Laba usaha naik 17,8% menjadi Rp2,6 triliun; sedangkan EBITDA ikut mencatatkan pertumbuhan ke angka Rp4,4 triliun.

Selain itu, tanpa one-time game dari divestasi Burger King senilai Rp309 miliar (setelah pajak) yang terjadi pada kuartal pertama tahun lalu, laba inti yang mewakili kinerja operasional perusahaan melonjak 20,2% menjadi Rp1,8 triliun. 

Baca Juga: PTBA Catatkan Laba Bersih Rp3,8 Triliun di Kuartal III-2023

Per September 2023, Mitra Adiperkasa membukukan peningkatan pendapatan bersih sebesar 24,7% menjadi Rp8,2 triliun. GPM sedikit menurun ke 46,2% dari 46,5%; sementara laba usaha dan EBITDA masing-masing berada di angka Rp832 miliar dan Rp1,4 triliun. Pada bottom-line, laba bersih Mitra Adiperkasa mengalami peningkatan menjadi Rp577 miliar. 

VP Investor Relations, Corporate Communications, and Sustainability MAP Group, Ratih  D. Gianda, menyatakan, “Selama periode ini, kami melihat pertumbuhan solid di seluruh grup, didukung oleh model bisnis multi-brand MAPI yang beragam dan ketahanan basis konsumen. Secara umum, kami juga mengamati  tren positif dalam indikator makroekonomi secara keseluruhan. Target utama kami, terutama di segmen menengah ke atas, juga telah menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen berkat fondasi yang kuat. Faktor-faktor ini mendorong peningkatan jumlah pengunjung dan permintaan konsumen terhadap produk kami.” 

Mitra Adiperkasa secara konsisten telah mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang berkunjung ke gerai. Periode "Back to School" pada bulan Juli mendapat tanggapan positif dan momen ini menunjukkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya secara efektif. 

Selain itu, Mitra Adiperkasa terus fokus untuk membangun kemitraan strategis dengan sejumlah brand internasional terkemuka. Selain itu, perusahaan memperkuat keberadaannya dengan membuka gerai Zara pertama di Makassar. Di luar Indonesia, Mitra Adiperkasa juga meluncurkan gerai Zara pertama di Kamboja dan gerai Foot Locker pertama di Thailand dan Vietnam yang menjadikan perusahaan tersebut sebagai salah satu destinasi utama untuk fashion dan sportswear premium di negara-negara itu.

Sebagai pengakuan terhadap kinerja perusahaan, baik Mitra Adiperkasa maupun PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) telah masuk ke dalam indeks-indeks utama (MAPI di IDX LQ45 dan MAPA di Indeks FTSE (Financial Times Stock Exchange) Global Equity serta Indeks FTSE Global Equity Shariah). Hal ini menjadi bukti atas kekuatan keuangan dan dominasi pasar dari MAP Group. 

Baca Juga: Makin Gacor Aja! Bank Mandiri Serok Laba Bersih Rp39,1 Triliun di Kuartal III 2023

“Kinerja Mitra Adiperkasa dalam sembilan bulan tahun 2023 mencerminkan komitmen perusahaan yang mendalam untuk memahami dan melayani kebutuhan yang terus berkembang dari beragamnya konsumen kami. Dengan memanfaatkan platform multi-channel, meningkatkan program digitalisasi, dan meningkatkan penggunaan data analytics, Mitra Adiperkasa siap untuk pertumbuhan berkelanjutan di tengah industri ritel yang dinamis,” ungkap Ratih menyimpulkan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Yohanna Valerie Immanuella
Editor: Yohanna Valerie Immanuella

Advertisement

Bagikan Artikel: