Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perlu Sinergi, Menteri Arifin Tasrif Ungkit Lagi Urgensi Interkonektivitas Listrik ASEAN

Perlu Sinergi, Menteri Arifin Tasrif Ungkit Lagi Urgensi Interkonektivitas Listrik ASEAN Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, mengatakani tujuan Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 adalah energi berkelanjutan melalui interkonektivitas. 

Menurutnya, dengan adanya pengembangan interkonektivitas energi antarnegara ASEAN akan membawa banyak manfaat.

Baca Juga: Arifin Tasrif: Infrastruktur Tingkatkan Pemakaian Gas Domestik

"Manfaat tersebut diantaranya adalah peningkatan realibilitas sistem, peningkatan penetrasi energi terbarukan, dan mengatasi persoalan ketidaksesuaian antara permintaan dan sumber energi," ujar Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (2/11/2023). 

Arifin mengatakan, Deklarasi 41st ASEAN Ministers on Energy Meeting (AMEM-41) telah menetapkan target tahun yang aspiratif bagi setiap negara anggota ASEAN untuk saling terhubung melalui ASEAN Power Grid dan Trans ASEAN Gas Pipeline menuju tahun 2045.

"Pengembangan interkonektivitas energi di ASEAN, khususnya melalui ASEAN Power Grid, sangat krusial sebagai tulang punggung pemanfaatan energi terbarukan, meningkatkan ketahanan energi, dan mempercepat transisi energi," ujarnya. 

Sebagaimana diketahui, AMEM-41 juga menyepakati Pernyataan Bersama antara negara-negara Brunei Darussalam - Indonesia - Malaysia - Philippines (BIMP) dalam pengembangan Power Integration Project (PIP) pada subregional BIMP. 

Baca Juga: Dukung Kewirausahaan Sosial, ASEAN Foundation, TikTok, dan SAP Menyelenggarakan Workshop Regional ASEAN SEDP 2.0

Dimana, pernyataan bersama ini untuk melanjutkan pencapaian ASEAN melaui Lao PDR - Thailand - Malaysia - Singapore Power Integration Project (LTMS PIP).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: